Jakarta, Aktual.com — Penyerang asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang membukukan trigol pada Minggu (15/10) waktu setempat, ketika Borussia Dortmund menang 5-1 atas tamunya yang merupakan tim juru kunci Augsburg untuk tetap menghuni peringkat kedua di klasemen Liga Jerman.

Dortmund memangkas jarak dengan pemuncak klasemen menjadi terpaut tujuh angka dari pemimpin klasemen Bayern Munich, ketika Aubameyang kini telah mengoleksi 13 gol dari 13 penampilan liga untuk menjadi pemain tersubur bersama penyerang Bayern Robert Lewandowski.

Ini merupakan kemenangan yang meyakinkan bagi Dortmund, yang meluluh lantakkan pertahanan Augsburg ketika gelandang Jepang Shinji Kagawa menjadi kreator tiga gol.

Aubameyang menorehkan trigol ketiganya dalam dua musim berseragam Dortmund.

“Saya tidak memiliki rahasia, namun saya bertaruh dengan saudara saya kemarin bahwa saya akan mencetak tiga gol, ini bukan bukan gurauan, saya telah memiliki beberapa pesan tentang hal ini,” ungkap Aubameyang ketika ditanyai apa rahasia kesuksesannya dalam mencetak gol.

“Trigol ini untuk putra saya yang paling kecil. Saya berusaha untuk menikmati diri sendiri di lapangan. Terkadang Anda memiliki masa-masa bagus ketika Anda mencoba segalanya dan itu terbayar.”

Aubame yang membuka rekening golnya pada menit ke-18 dengan menuntaskan pergerakan apik yang dimulai dari bek kanan Matthias Ginter di sektor sayap, ketika serangkaian operan cepat membuat Ilkay Gundogan dapat memberikan umpan untuk diselesaikan sang penyerang.

Marco Reus menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-21 ketika ia melepaskan tembakan dari umpan silang Kagawa dan kemudian pemain sayap itu membukukan gol keduanya ketika rekan setimnya yang berasal dari Jepang kembali berperan sebagai pengumpan.

Babak pertama ditutup dengan skor 3-0, namun penyerang Augsburg Raul Bobadilla mencetak satu gol balasan ketika ia mengungguli Mats Hummels dalam duel udara untuk menanduk bola tendangan bebas menjadi gol pada menit ke-49.

Hal itu terbukti tidak lebih sebagai hiburan, ketika Aubameyang membukukan gol keduanya pada menit ke-85, kemudian memaksimalkan umpan matang lain dari Kagawa untuk menunda tembakannya sebelum menaklukkan kiper Roman Burki pada menit ke-49.

Gladbach kalahkan Schalke Schalke tetap menghuni peringkat ketiga meski mereka kalah 1-3 di markas Borusia Moenchengladbach, yang mendapatkan kemenangan kelima mereka secara beruntun di bawah asuhan pelatih sementara Andre Schubert yang membawa mereka dari posisi juru kunci ke peringkat ketujuh.

Penalti Lars Stindl di babak pertama untuk Borussia dibatalkan oleh gol bunuh diri bek Denmark Andreas Christensten, sebelum penyerang Brazil Raffael melepaskan tendangan bebas melengkung pada menit ke-70.

Schalke harus kehilangan gelandang Johannes Geis yang diusir keluar lapangan pada menit ke-80 akibat menginjak lutut Andre Hahn, sebelum bek Julian Korb mencetak gol ketiga Gladbach pada menit ke-84.

Pada Sabtu (24/10), Arjen Robben menandai kembalinya ia dari cedera dengan gol ketika Bayern Munich menang 4-0 atas tamunya Cologne untuk mengukir kemenangan kesepuluh beruntun mereka musim ini, dan kemenangan ke-1.000 di Liga Jerman (Bundesliga).

Kapten Belanda Robben mencetak gol pada pertandingan pertamanya sejak Agustus setelah menepi karena cedera pangkal paha, sedangkan Arturo Vidal, Lewandowski, dan Thomas Mueller juga masuk daftar pencetak gol.

Wolfsburg tetap berada di peringkat keempat berkat kemenangan 1-0 di markas Darmstadt ketika Daniel Caliguri mencetak gol kemenangan pada menit ke-78.

Masih segar dari hasil imbang 4-4 mereka saat melawan Roma di Liga Champions pada Selasa, Bayer Leverkusen harus tertinggal 0-2 terlebih dahulu dari Stuttgart sebelum akhirnya mampu mengunci kemenangan 4-3, pada pertandingan yang berlangsung menarik.

Kemenangan ini mendongkrak Leverkusen ke peringkat kelima, sedangkan Stuttgart tetap menghuni tiga terbawah.

Penyerang Nigeria Anthony Ujah mencetak dua gol ketika Werder Bremen menghentikan laju lima kekalahan beruntun mereka dengan kemenangan 3-1 di markas Mainz, di mana penyerang Jepang Yoshinoti Muto mencetak gol hiburan bagi tuan rumah pada menit ke-90.

Hasil ini mengangkat Bremen keluar dari zona degradasi dan naik ke peringkat ke-14, sedangkan Mainz turun ke peringkat ke-13.

Gelandang Marc Stendera menjadi pahlawan Eintracht Frankfurt melalui kedua golnya di babak kedua, saat mereka bangkit dari ketertinggalan dan menang 2-1 di markas Hanover 96, yang menghuni posisi di atas zona degradasi.

Hertha Berlin menduduki peringkat kelima setelah mereka menang 1-0 di markas tim Bavaria Ingolstadt pada Sabtu malam, ketika mantan gelandang Bayern Munich Mitchell Weiser mencetak gol kemenangan pada menit ke-11.

Hoffenheim menduduki peringkat kedua dari bawah setelah mereka kalah 0-1 dari Hamburg pada Jumat, melalui gol penentu kemenangan dari Pierre-Michel Lasogga.

Bek Hoffenheim asal Bosnia Ermin Bicakcic diusir keluar lapangan karena menerima dua kartu kuning.

()

()