Kuala Lumpur, aktual.com – Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Dr Choirul Mahfud meluncurkan buku “Tantangan Global dan Lokal Islam di Indonesia” di taman menara kembar Petronas KLCC di Kuala Lumpur, Sabtu (16/11).

Penulis buku sekaligus sebagai associate profesor bidang studi Islam di ITS Surabaya menjelaskan bahwa acara peluncuran buku di Malaysia sengaja dilakukan untuk mempromosikan Islam di Asia Tenggara termasuk Islam di Malaysia dan Indonesia, tengah menghadapi tantangan global dan lokal.

“Tantangan global dan lokal tak bisa dipungkiri terus akan dihadapi dan tidak bisa dihindari,” katanya.

Tantangan tersebut, ujar dia, akan menjadi peluang yang bagus manakala umat Islam mau dan mampu mengambil peran sebagai problem solver, bukan sebaliknya masih dalam zona part of problem”, imbuhnya.

Menurut Choirul Mahfud, bukunya sengaja ditulis untuk ikut serta memberikan perspektif baru dalam melihat beberapa tantangan global dan lokal yang dihadapi Islam di Indonesia pada khususnya.

“Bagaimana menjadikan Islam sebagai solusi atau akrab disebut sebagai rahmat bagi seluruh dunia atau Rahmatan Lil ‘Alamin,” jelasnya.

Choirul mengungkapkan bahwa isu global dan lokal Islam hingga kini masih terus menjadi topik perbincangan banyak kalangan di berbagai penjuru dunia, termasuk di kalangan umat Islam Indonesia.

“Pascatragedi 11 September 2001, masyarakat Islam di dunia digemparkan dengan isu kekerasan dan terorisme global yang bertentangan dengan prinsip perdamaian, kemanusiaan, demokrasi dan Hak Asasi Manusia”, urainya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)