Jakarta, aktual.com – Anggota DPR RI Dave Laksono mendukung ketegasan Presiden RI Joko Widodo untuk kedaulatan energi di dalam negeri.

“Tidak ada satu negara mana pun yang boleh ataupun yang bisa mendikte negara lain yang berkedaulatan penuh, apalagi negara-negara ASEAN,” kata Dave Laksono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (21/12).

Dave Laksono mengemukakan hal itu terkait dengan upaya Uni Eropa yang mendikte negara di ASEAN, termasuk Indonesia, terkait dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA), khususnya energi.

Dave menegaskan bahwa negara-negara keanggotaan ASEAN memiliki solidaritas yang sangat kuat dan mengakar hingga ke masyarakat. Bahkan, negara-negara ASEAN harus saling menguatkan satu dengan lain pada saat Uni Eropa mencoba untuk mendikte dengan kekuatan mereka.

“ASEAN fungsinya untuk saling menguatkan, bukan untuk saling menekan ataupun juga mengancam,” ujarnya.

Dave mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi agar tidak mengikuti kemauan Uni Eropa terkait dengan ekspor bahan mentah nikel.

Menurut Dave, keputusan Presiden Jokowi sudah tepat demi kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja di Indonesia.

Ia menekankan setiap negara memiliki hak dan kewajiban mengelola sumber daya alam mereka sendiri untuk kesejahteraan rakyatnya.

Selain itu, Dave meyakini Presiden Jokowi mampu membawa ASEAN menjadi kuat, serta menjadi pemain utama di kancah global.

Dave meyakini pemimpin-pemimpin negara ASEAN akan dan harus mendukung sikap tegas Presiden Jokowi terkait dengan sikap Uni Eropa yang selalu mendikte negara-negara ASEAN.

“Kalau secara ASEAN ini ingin maju, semua harus solid, jadi bukannya saling curiga atau saling menahan kemajuan, justru harus saling merapatkan kekuatan bersama,” katanya.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)