Tangkapan layar - Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan (Yankes) Sekretariat Jenderal DPR RI Dian Mardiyani dalam video singkat, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen di Jakarta, Jumat (23/2/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta, aktual.com – Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan (Yankes) Sekretariat Jenderal DPR RI Dian Mardiyani mengatakan masyarakat perlu meningkatkan kesadaran diri mengenai pentingnya deteksi dini kanker sebagai upaya pencegahan dan intervensi dini terhadap penyakit kanker.

“Kalau kanker itu diketahui sejak awal dan itu kita lakukan tindak lanjut atau pengobatan sedini mungkin, perkembangan penyembuhan itu lebih besar daripada yang terjadi saat ini, yakni banyaknya kanker diketahui pada stadium lanjut,” kata Dian dalam video singkat, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen di Jakarta, Jumat (23/2).

Ia menambahkan bahwa apabila seseorang mengetahui ia terserang penyakit kanker pada stadium lanjut, tindakan penyembuhan akan lebih sulit untuk dilakukan.

Saat ini untuk lingkup DPR RI, Dian menyampaikan pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit dan fasilitas lainnya guna memaksimalkan deteksi dini kanker di lingkungan DPR RI.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Rudi Rochmansyah menegaskan Yankes DPR RI akan selalu memberikan edukasi dalam bidang kesehatan, di antaranya melalui seminar dan sosialisasi-sosialisasi terkait berbagai tindakan preventif dan penanganan beberapa penyakit yang ada.

“Yankes DPR RI sebagai salah satu unit kerja di lingkungan Biro Umum, akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang paripurna secara promotif, preventif, dan rehabilitatif. Salah satunya lewat edukasi berupa talkshow atau seminar-seminar kesehatan,” ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya peran organisasi dalam mengedukasi masyarakat tentang deteksi dini kanker.

Menurut Budi, strategi penanganan kanker harus bertumpu pada penguatan upaya deteksi lebih dini agar perawatannya lebih murah dengan hasil lebih baik.

“Selain itu, saya juga ingin menekankan pentingnya kerja sama dalam penanganan kanker. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai dan mendukung upaya POI untuk menginisiasi dialog untuk penguatan kerja sama tim dalam penatalaksanaan kanker agar kita bisa memberikan perawatan terbaik untuk pasien,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan