Jakarta, aktual.com – Anggota DPR RI Komisi I Papua, Laurenzus Kadepa menilai bahwa pernyataan Effendi Simbolon terkait dengan TNI merupakan ucapan yang tegas serta keprihatinannya dengan kasus yang menimpa TNI.

“Beliau bicara tegas karena merasa prihatin dengan kasus mutilasi empat warga sipil di Timika yang pelakunya adalah anggota TNI dan ini sangat kejam cara pembunuhannya,” kata Laurenzus dalam keterangan tertulis, Selasa, (13/9).

Lebih lanjut, ia meminta masukan Anggota DPR RI harus perlu diperhatikan untuk keamanan Papua.

“Sekali lagi saya meminta masukan Anggota DPR RI dari F-PDIP Pak Effendi Simbolon, harusnya dijadikan momentum untuk evaluasi total pendekatan keamanan untuk Papua,” ujarnya.

Terakhir sebagai rakyat Papua, Laurenzus berterimakasih kepada Effendi Simbolon yang peduli terhadap rakyat Papua.

“Saya mewakili rakyat Papua mengucapkan terima kasih dan dukungan kepada Pak Effendi Simbolon. Walaupun beliau bukan mewakili Papua duduk di senayan, tetapi selalu ada untuk Papua. Mari ciptakan Papua tanah damai menuju kejayaan Indonesia,” kata Laurenzus Kadepa.

Sebelumnya, Effendi Simbolon memberikan pernyataan TNI seperti gerombolan saat rapat bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada 5 September 2022. Effendi menyoroti KSAD Jenderal Dudung Abdurachman yang tidak hadir dalam rapat dan menyampaikan ada isu disharmoni di tubuh TNI.

(Rizky Zulkarnain)