Mataram, Aktual.com – Ketua DPW Partai Ummat Nusa Tenggara Barat Yuliadin menyatakan seluruh kader dan simpatisan Partai Ummat di wilayah itu menyambut gembira dengan penetapan partai itu sebagai peserta Pemilu 2024.

Partai Ummat dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan memenuhi syarat verifikasi faktual ulang partai politik calon peserta Pemilu 2024.

“Ini berkat kerja keras, dukungan, dan doa seluruh kader di seluruh Indonesia, termasuk di NTB,” kata Yuliadin didampingi Sekretaris DPW Partai Ummat NTB Eva Zaenora di Kota Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa lolosnya partai itu sebagai peserta Pemilu 2024 makin menambah soliditas di internal partai, baik itu pengurus, kader, maupun simpatisan di seluruh NTB.

“Jadi, ini sekaligus membantah bahwa kami tercerai-berai dengan isu tidak lolosnya Partai Ummat sebelumnya. Justru dengan awalnya partai ini tidak dinyatakan lolos kami makin solid untuk berjuang sehingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024,” kata Yuliadin atau akrab disapa Bucek ini.

Bahkan, lanjut Bucek, seluruh kader di seluruh Indonesia secara ikhlas urunan menyumbang berapa pun.

“Jadi, kalau ada isu di luar kader menyeberang, itu tidak ada,” kata Bucek.

Menurut dia, sebagai partai yang lahir dari rahim reformasi karena pendiri Partai Ummat adalah Amien Rais merupakan tokoh reformasi dan tokoh nasional menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh pengurus dan kader di daerah untuk berjuang membesarkan partai itu.

“Lolosnya Partai Ummat, kami dibanjiri ucapan selamat dan banyak yang menyatakan ingin bergabung dan ingin menjadi pengurus. Mereka sangat antusias, terutama dari pendukung Amien Rais. Kami ucapkan terima kasih kepada yang sudah memberikan dukungan sehingga menjadi motivasi lebih bagi kami,” ucap mantan Ketua DPRD Kabupaten Dompu ini.

Selain bersyukur ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024 dan dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan penuhi syarat verifikasi faktual ulang partai politik calon peserta Pemilu 2024, pihaknya juga menyambut gembira karena Partai Ummat mendapat nomor urut 24.

“Kami merasa bersyukur mendapat nomor 24. Angka itu bermakna besar dan memiliki filosofi tinggi seperti yang tercantum di dalam Al-Qur’an di Surah An-Nahl ke- 24 yang artinya lebah. Kami mengibaratkan Partai Ummat banyak menghasilkan madu bagi bangsa dan negara ini,” kata Bucek.

Untuk itu, dia mengajak seluruh kader di NTB tetap solid membangun solidaritas untuk menatap Pemilu 2024.

“Sekali lagi kami berterima kasih atas dukungan seluruh kader dan simpatisan karena selama 2 tahun ini sudah berjuang untuk Partai Ummat,” katanya.

Setelah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024, kata Sekretaris DPW Partai Ummat NTB Eva Zaenora, dalam waktu dekat pihaknya akan merapatkan barisan dengan membangun konsolidasi antarpengurus DPD di NTB sekaligus mempersiapkan kader agar bisa mengikuti pencalegan.

“Akan tetapi, pencalegan setelah rakernas di Jakarta. Pada rakernas itu akan ada petunjuk teknis terkait dengan pencalegan. Kalau hal lain, akan kami tunggu dari hasil rakernas. Namun, yang jelas kami memprioritaskan kader yang berjuang sejak lama,” katanya.

(Arie Saputra)