Dalam jumpa persnya Polres Metro Jakarta Pusat mengungkap penyelundupan narkotika jenis ganja seberat 66,6 Kilogram (Kg) dan berhasil menangkap dua bandar ganja yang merupakan jaringan Aceh - Jakarta. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Aparat Kepolisian Besitang Kabupaten Langkat, menangkap seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial SUR alias Sri (40) warga Dusun II Halaban Jati Desa Halaban Kecamatan Besitang, yang kedapatan sebagai pengedar ganja.

“Penangkapan ibu rumah tangga ini, sebelumnya polisi menerima informasi dari warga dimana selama ini tersangka sering melakukan transaksi narkotika jenis ganja dengan para pembelinya,” kata Kapolsek Besitang M Saragih, di Besitang, Sabtu (28/7).

Petugas yang mendapatkan informasi itu langsung menuju ke rumah tersangka dipimpin Kanit Ipda Martin Ginting. Ketika hendak dilakukan penangkapan, tersangka sempat berusaha kabur dari pintu belakang rumahnya.

“Petugas langsung meringkus tersangka yang coba berusaha untuk kabur,” katanya.

Lalu, petugas melakukan penggeledahan di kediaman tersangka, dari kamarnya ditemukan barang bukti ganja seberat 2 kg sisa dari penjualan yang sudah dilakukan tersangka.

Dalam bertransaksi, tersangka menjual ganja Rp50.000 per bungkus kepada pembelinya. Selain itu polisi juga mengamankan barang bukti 13 bungkus ganja menggunakan kertas bungkus nasi yang diduga berisikan narkotika daun ganja, uang tunai Rp100.000 dan satu unit telepon genggam. Dari pengakuan tersangka, diketahui ganja tersebut dibeli dari Aceh seberat 2,5 kilogram dan dipasarkan kepada pembeli yang ada di kawasan Desa Halaban Jati, Kecamatan Besitang.

“Kini tersangka sedang diperiksa penyidik secara intensif untuk pengembangan lebih lanjut dan dipersangkakan dengan Pasal 114 ayat (1) UU 35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara diatas lima tahun,” ujarnya.

(Ismed Eka Kusuma)