Jakarta, Aktual.co — Wakil ketua umum DPP Partai Golkar Agung Laksono mengatakan, Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih segera berdamai.
Dia memberi saran agar kedua kubu yang berseteru akibat berebut jatah pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan itu agar tidak saling ego.
“Hilangkan ego koalisi. Ini kan DPR lembaga milik rakyat,” kata Agung kepada wartawan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (7/11). 
Konflik internal di DPR, kata bekas Menko Kesra itu, terjadi karena ada ego koalisi yang sangat kuat dalam perebutan kursi pimpinan, baik di DPR, MPR maupun alat kelengkapan dewan. Walhasil semua kursi pimpinan itu dikuasai oleh Koalisi Merah Putih. 
Sementara PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilihan legislatif dan fraksi lainnya di KIH tak kebagian satu pun kursi pimpinan. Sebaiknya, menurut Agung, kursi pimpinan dibagi secara proporsional dan mencerminkan seluruh potensi yang ada. 
“Jangan dibagi begitu berdasarkan koalisi-koalisian, ya begini akibatnya jika ego koalisi sangat kuat,” kata Agung. 
Menurut Agung, untuk menghilangkan ego koalisi harus ada campur tangan dari Ketua Umum partai politik. Untuk itu dia pun menyarankan agar semua ketum partai turun gunung menengahi konflik internal yang terjadi di DPR. 

()