Jakarta, Aktual.co —Pengumuman arsitektur kabinet pemerintahan Jokowi-JK dengan komposisi 18 kementerian untuk profesional murni dan 16 profesional partai politik dinilai untuk memangkas keterlibatan para relawan yang mendukung Jokowi di Pilpres kemarin.
Dengan demikian, menurut Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi, bahwa Presiden terpilih 2014,Joko Widodo, lebih enjoy kepada elit partai setelah Komposisi kabinetnya diumumkan.Dan itu artinya menurut Uchok, Jokowi hanya tidak secara tegas saja mengucapkan selamat tinggal kepada relawan pendukungnya.  Hal itu dikatakan dalam agenda diskusi yang diselenggarakan Relawan Trisakti dengan tema “Membaca Arah Kabinet Jokowi-Jk : Kabinet Trisakti atau Transaksi ? Yang digelar di Galery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 28, September, 2014.
Kemudian, Uchok juga mengatakan, bahwa nantinya relawan-relawan itu akan tetap dimanfaatkan Jokowi-JK dengan menciptakan musuh. Hal itu terlihat dari munculnya relawan yang  sama pasca kemenangan Koalisi Merah Putih (KMP). Uchok meyakini  bahwa relawan-relawan itu  dibuat seperti “anjing herder”.
Selain itu,Uchok juga  mengatakan, sejauh ini yang mendapatkan tempat dalam lingkaran kekuasaan Jokowi-JK bukanlah relawan. Terlebih, kalau dilihat dari dalam struktural tim transisi ataupun di ring dekat Jokowi.

(Warnoto)