Surabaya, aktual.com – Empat anak meninggal dunia akibat kebakaran yang terjadi di satu rumah kontrakan di Jalan Hasanudin, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Menurut Ketua RT 02 RW 05 Dusun Jeding, Desa Junrejo, Nur Fatoni, Rabu (24/7), rumah kontrakan yang terbakar pada Selasa (23/7) ditempati oleh Abdullah (34) bersama isterinya Herlina (35) dan enam anak mereka.

Musibah kebakaran itu membuat keluarga Abdullah dan Herlina, yang berasal dari Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, kehilangan empat anak, yakni Rahma Ramadhani (10), Nabila Fathinah Sholihah (9), Anisa Dzakiroh (7), dan Naufal Masrulloh (6). Dua anak lainnya selamat berhasil diselamatkan.

Fatoni menuturkan, kebakaran tersebut terjadi saat listrik padam, sekitar pukul 18.30 WIB hingga 21.00 WIB. Bersama warga lainnya, Fatoni berusaha membantu memadamkan api.

“Saya lihat api sudah membesar,” kata Fatoni.

“Warga bersama-sama berupaya untuk memadamkan api sampai petugas pemadam tiba di lokasi,” ia menambahkan.

Selama kurang lebih satu jam, puluhan warga berupaya memadamkan api sampai tim Pemadam Kebakaran tiba di lokasi kebakaran pukul 22.05 WIB. Namun, anak pertama hingga keempat pasangan Abdullah dan Herlina yang saat kebakaran berada di dalam kamar tidak tertolong.

Penyebab kebakaran tersebut sampai sekarang masih diselidiki. Ada dugaan sumber api berasal dari lilin yang dinyalakan saat listrik padam. Lilin itu diduga jatuh di sekitar tempat tidur kamar depan tempat tiga anak Abdullah dan Herlina tidur.

Api diperkirakan kemudian menjalar ke ruang belakang tempat satu anak lainnya sedang tidur.

Ant.

(Zaenal Arifin)