Jakarta, Aktual.co — Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR RI segera mengelar rapat terkait pergantian empat kadernya yang terpilih menjadi menteri.
“Rencananya rapat dilakukan Kamis atau Jumat pekan ini,” kata Ketua Fraksi PDIP Ahmad Basarah usai rapat fraksi di gedung DPR Jakarta, Senin (27/10).
Menurut dia, rapat tersebut akan membahas pergantian posisi empat kader PDIP, yaitu Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Yasonna Laoly dan AAGN Puspayoga yang mempunyai jabatan penting di struktur partai.
“Sudah disampaikan kepada Ibu Megawati Sukarnoputri sebagai ketua umum terkait rapat pergantian itu,” katanya.
Tjahjo Kumolo kini Menteri Dalam Negeri sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal PDIP, Puan Maharani sebelumnya menjabat Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga DPP PDIP kini menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Kemudian Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga keduanya merupakan fungsionaris PDIP.
Keempat kader tersebut ditunjuk Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Jusuf Kalla untuk membantu proses perjalanan pemerintahan selama lima tahun ke depan.
Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto membenarkan hal tersebut dan menambahkan posisi Sekjen di partai sangat dibutuhkan dan tidak boleh kosong mengingat sejumlah kebijakan dan surat organisasi mesti berjalan.
Mengenai rapat yang dijadwalkan Kamis (30/10) atau Jumat (31/10) apakah membahas agenda lain, kata dia, nanti dilihat perkembangannya.
“Biasanya rapat rutin digelar di Sekretariat Jalan Tengku Umar pada Kamis atau Jumat, tapi tergantung kondisi nanti,” ujarnya.
Ditanya sejumlah nama seperti Pramono Anum dan Aria Bima yang disebut-sebut menggantikan posisi Sekjen Tjahjo Kumolo, dirinya enggan berkomentar jauh.
“Itu ‘kan baru isu, kalaupun disebut-sebut ‘kan wajar, nanti hasil rapat yang menentukan,” katanya kepada wartawan sembari tersenyum.

()