Ankara, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi ucapan selamat dan menyampaikan harapan terbaik dalam festival perayaan Hanukkah Yahudi di negara tersebut. Dilansir dari Anadolu Agency, Erdogan pun mengatakan Turki telah menjadi rumah bagi banyak budaya terkemuka selama ribuan tahun.

“Saya mengucapkan selamat kepada semua orang Yahudi, terutama warga Yahudi kami (Turki), pada festival Hanukkah, dan berharap hari istimewa ini membawa kedamaian. Menyadari tanggung jawab historis yang dibawa oleh kekayaan ini, kami melihatnya sebagai salah satu tugas terpenting kami untuk melawan diskriminasi berdasarkan bahasa, agama, atau ras, dan untuk memastikan bahwa semua warga negara kami dapat hidup bersama dengan bebas dan aman, ” kata dia dalam sebuah pernyataan Senin (29/11) kemarin.

Erdogan pun menegaskan Turki menentang semua jenis diskriminasi dan mengambil semua langkah yang diperlukan demi hal tersebut.

Hanukkah adalah hari libur delapan hari yang menandai penahbisan kembali Kuil Yahudi kedua di Yerusalem pada abad kedua SM. Dikenal juga sebagai Festival Cahaya, Hanukkah pada tahun 2021 dimulai pada Minggu malam dan akan berakhir pada malam 6 Desember mendatang.​​​​​​

(Megel Jekson)