Ilustrasi Erdogan dam Kapal TCG Ufuk (www.newfox-24.com)

Ankara, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan negaranya termasuk 10 negara besar yang memiliki kemampuan untuk merancang, membangun, dan memelihara kapal perangnya sendiri. Pernyataan Erdogan tersebut disampaikan saat menghadiri upacara peresmian kapal pemeriksaan dan pelatihan buatan dalam negeri, TCG Ufuk.

“Kapal pengintai pertama negara kami, Ufuk, dibuat dengan sumber daya nasional,” kata Erdogan seperti dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (16/1) pagi.

Sebagai informasi, TCG Ufuk adalah korvet dan inventaris terbaru untuk pasukan keamanan Turki. Kapal tersebut dibangun sendiri oleh industri pertahanan Turki. Kapal TCG Ufuk diklaim dapat berlayar tanpa henti selama 45 hari di bawah iklim dan kondisi laut yang parah.

Menurut Erdogan, berkat kemajuan industri pertahanannya, Turki kini telah menjadi “playmaker’ di wilayahnya yang berhasil menghancurkan ‘permainan kotor’ dari aktor lain. Meski demikian, tokoh Islam dunia ini enggan menjelaskan lebih detil siapa aktor yang dimaksud.

“Sejauh ini, kami telah mengekspor 180 platform angkatan laut ke 25 negara lain,” tuturnya.

(Megel Jekson)