Biak, aktual.com – Sajian menu es pisang ijo dan makanan khas Sulawesi Selatan Barongko menjadi kuliner favorit yang banyak diburu pembeli warga Muslim di areal pasar Ramadhan Biak di Jalan Selat Makassar dan Hadi Swalayan, Ahad (10/4).

Kuliner kue Barongko adalah salah satu kue tradisional khas dari Sulawesi Selatan yang berbahan dasar pisang dan dibungkus daun pisang.

Kue Barongko dengan berbahan baku pisang matang/masak diolah menjadi Barongko. Umumnya pisang yang digunakan adalah pisang kepok.

Ahad (10/4) pukul 16.40 WIT, di lokasi pasar takjil Ramadhan Biak, sejumlah warga antre membeli menu takjil pisang ijo untuk disantap saat berbuka puasa.

“Kami membeli pisang ijo dan Barongko untuk menu berbuka puasa. Ya, kuliner ini menjadi khas untuk makanan buka puasa,” ungkap warga Biak, Mutawali.

Kuliner es pisang ijo, di samping rasanya sangat lezat karena dilengkapi bubur putih, sirup, coklat dan kacang.

Salah satu pedagang kuilner takjil Ramadhan Ibu Ronggo, mengatakan setiap hari berjualan es pisang ijo untuk menu berbuka puasa.

“Kami selama bulan Ramadhan menjual es pisang ijo sebagai sajian khas bagi warga Muslim yang akan berbuka puasa,” ujarnya.

Harga jual es pisang ijo satu plastik Rp15.000 per porsi dan Barongko Rp5.000 per bungkus.

Menu lain yang juga diburu pembeli di antaranya kue pisang goreng, tahu, pastel/jalangkote dengan harga bervariasi berkisar Rp2.000/buah hingga Rp5.000/buah.

Sedangkan beragam jenis sayuran matang yang dijual seperti masakan sayur kacang, nangka, sayur bening, sayur daun ubi dengan harga berkisar Rp10.000-Rp15 ribu/bungkus dan aneka minuman teh, kopi dan susu dengan kisaran harga Rp5.000 hingga Rp10 ribu/cangkir.*

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)