Warga memenuhi setengah badan jalan dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) melaksanakan ibadah Salat Tarawih pertama bulan ramadan 1437 H di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (5/4). Terbatasnya jumlah daya tampung musholla membuat warga terpaksa salat di jembatan penyeberangan orang. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com – Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1437 H kepada Umat Islam di Jakarta.

“Semoga Allah memberikan kekuatan kepada umat Islam untuk beramal saleh dengan optimal,” ujar dia, kepada Aktual.com, di Jakarta, Minggu (5/6).

Kata dia, sebagai bulan penuh berkah, Ramadhan merupakan momentum untuk perubahan dan perbaikan. Baik pada diri, keluarga, masyarakat dan umat. Apalagi banyak ‘fasilitas’ yang disediakan Allah SWT di bulan suci ini. Seperti ampunan, rahmat, nilai amal berlipat ganda, pintu surga dibuka, setan-setan dibelenggu, dan sebagainya.

“Selanjutnya, terpulang kepada manusia, adakah irodah (kemauan) untuk memanfaatkan peluang? Atau hanya sebatas menjadi pengetahuan kosong dari amal?” kata dia.

Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI ini juga mengingatkan, bahwasanya puasa merupakan sarana memperkuat kemampuan pengendalian diri untuk taat dan menghadirkan pengawasan Allah SWT atas segala perbuatannya. “Sehingga, betapapun lapar dan dahaga, dia tetap bertahan meskipun tidak dilihat orang,” jelas Suhaimi.

Tetapi, orang akan merasakan kebahagiaan dari bulan Ramadan, bila rencana dan target berbuat amal saleh sebanyak-banyaknya yang ingin dikejarnya tercapai. “Kalau sesorang tidak ada rencana dan target di bulan yang mulia ini, bisa dipastikan hidupnya datar-datar saja,” kata dia.

Diketahui, Pemerintah menetapkan Senin, 6 Juni besok sebagai awal Ramadan 1437 Hijriah dalam sidang isbat di Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (5/6).

()