Jakarta, Aktual.com — DNA atau deoksiribonukleat merupakan kekuatan utama dari setiap komponen jenis mahkluk hidup. Laman Boldsky melaporkan, bahwa DNA merupakan asam deoksiribonukleat (atau DNA didefinisikan) sebagai molekul yang mengkode informasi genetik yang diperlukan untuk pengembangan dan berfungsinya semua organisme hidup.

Sementara itu, DNA yakni, molekul ganda yang memiliki informasi untuk faktor-faktor seperti pertumbuhan, divisi dan fungsi sel. DNA berbentuk heliks ganda. Dan, DNA juga menjadi polimer nukleotida dengan kode bolak balik urutan asam amino selama proses sintesis protein.

Manfaat DNA lainnya yaitu, membawa informasi genetik pada gen yang diperlukan untuk membangun molekul seperti protein. Banyak fakta-fakta menarik yang dapat diketahui dari DNA, misalnya:

1. Dengan DNA, Penelitian biologi menunjukkan, bahwa manusia hanya 1,2 persen berbeda dari Simpanse menurut urutan biologis. Dengan evolusi bumi, manusia berbagi banyak fitur gen dengan banyak ras yang hidup di Bumi.

2. Secara keseluruhan DNA dikenal sebagai genom. Genom manusia mengandung tiga miliar pasangan basa DNA. Apakah Anda dapat menghitung DNA? jumlah DNA begitu banyak

3. Adanya virus kuno, seperti HIV. sekitar delapan persen dari genom dalam tubuh manusia terdiri dari retrovirus. Banyak dari mereka adalah tidak aktif sekarang. Tapi kadang-kadang, salah satu dari mereka virus dalam DNA bisa mendapatkan kehidupan baru. virus jenis ini dapat mengaktifkan sendiri.

4. Para ilmuwan dapat mendeteksi DNA dari anak yang belum lahir dari darah ibunya dan air liur ayah. Dengan demikian, penyakit genetik banyak dapat dideteksi dengan mudah untuk mengobati anak.

5. Manusia tidak hanya berkaitan erat dengan Simpanse dilihat dari struktur DNA mereka, tetapi penelitian menunjukkan mereka memiliki koneksi dekat dengan cacing lumpur juga. Jadi, cacing tanah adalah kerabat dekat invertebrata manusia. (Sumber: Boldsky).

()