Jakarta, Aktual.com — Forum Masyarakat Teater (atau Format) di Kota Pontianak akan mewakili Kalimantan Barat untuk mengikuti Festival Teater Nusantara di Jakarta, 14-20 Mei.

“Tempat penyelenggaraannya di TIM (Taman Ismail Marzuki, red), dan ini pengalaman pertama bagi kami,” kata Gusti Herry Boy Ansari selaku “stage manager” (atau sutradara pembantu), kepada jurnalis media dalam tim Format ketika ditemui di Taman Budaya Pontianak, Selasa (15/03).

Ia mengatakan, festival ini baru pertama kali diikuti tim teater dari Kalbar, mengingat selama ini tidak pernah memperoleh informasi mengenai adanya festival teater nusantara. Mereka baru mengetahui ada festival, setelah salah seorang anggota Format berkunjung ke Jakarta.

“Kalau Eko (ketua rombongan, red) tidak ke sana (Jakarta), kami tentu tidak tahu ada kegiatan seperti ini diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Festival itu akan diadakan pada 14-20 Mei di TIM. Tim Format merupakan gabungan dari beberapa sanggar yang ada di Kota Pontianak. Sehingga pemainnya pun berasal dari banyak sanggar.

Herry mengatakan, naskah yang akan dibawakan dalam festival tersebut, berjudul Timum Temenggung karya Cecep SOB.

Naskah ini bercerita tentang kehidupan seorang bapak yang memiliki kedudukan sebagai temenggung (pimpinan adat di komunitas masyarakat Dayak). Kedudukan sebagai temenggung itu pada akhir jabatannya tidak diserahkan kepada anaknya yang bernama Timum. Karena itu Timum menjadi marah dan mengamuk, sehingga banyak menuntut kepada sang bapak.

“Ada beberapa naskah yang diseleksi dari setiap sanggar. Tetapi yang benar-benar menampilkan kearifan lokal Kalbar adalah naskah karya Cecep ini,” katanya lagi.

Dalam mengikuti festival tersebut, tim Format akan mengirimkan 10 pemain, enam personel, dengan ketua rombongan H Eko Akbar.

Ia mengatakan, tim Format akan berupaya keras untuk tampil dan menang dalam festival tersebut. Ada beberapa penilaian yang diketahuinya, meliputi penyaji terbaik, aktor terbaik, naskah terbaik, penata artistik terbaik, dan sutradara terbaik. “Semoga kami bisa sukses di sana,” kata ia berharap.

()