Pelalawan, Aktual.com – Bertempat di aula pertemuan kantor Camat Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Rabu (29/9/2021), Forum RT RW dan Kepala lingkungan menggelar rapat terkait realisasi pegadaan lahan Taman Pemakaman Umum (TPU) yang sebelumnya telah dijanjikan oleh manajemen PT. Inti Indo Sawit (PT.IIS) akan terlaksana di Minggu ketiga bulan Agustus 2021.

Seiring waktu berjalan, perusahaan sawit milik taipan Sukanto Tanoto ini semakin menunjukkan sikap ingkar atas apa yang telah diucapkan nya dihadapan Bupati Pelalawan, dihadapan sejumlah anggota DPRD Pelalawan dan bahkan di hadapan Polres Pelalawan yang memediasi perusahaan dengan forum RT RW.

“Sudah sembilan bulan berjalan, janji yang diucapkan oleh manajemen PT. IIS hanya PHP saja, beberapa kali surat pak Bupati tidak mereka balas, janji mereka di depan wakil rakyat yang terhormat berlalu begitu saja, bahkan saat dimediasi Polres Pelalawan, Taufik Humas PT. IIS berjanji akan merealisasi janjinya di bulan Agustus 2021,” kata koordinator forum RT RW dan Kaling Pangkalan Kerinci, Erik Suhendra.

Dilanjutkan Erik, apa yang telah ditunjukkan oleh manajemen PT.IIS adalah bentuk ketiadaan ras hormat perusahaan terhadap Pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

“Sekelas bupati saja mereka tidak hormati, rekomendasi anggota dewan seperti tak mereka anggap, janji mereka dihadapan polres Pelalawan seperti tak ada arti, tidak sikap tidak beradab perusahaan yang telah menguras sumber daya bumi Melayu kita, namun tanpa kontribusi untuk masyarakat,” kata Erik lantang.

Ketika tidak ada lagi kata kata petinggi PT IIS yang bisa di pegang, tawaran demo diutarakan, seluruh Ketua RT, RW dan Kepala Lingkungan yang hadir sepakat untuk menggelar aksi.

“Saya siap mengerahkan ratusan massa, kita demo PT.IIS. mereka hanya mengulang ngulang kebohongan demi kebohongan,” kata salah seorang anggota Forum RT RW.

Camat Pangkalan Kerinci, Dodi Asmaputra S.STP mengatakan bahwa pemerintah Kecamatan Pangkalan Kerinci sangat mengapresiasi semangat forum RT RW memperjuangkan lahan TPU untuk masyarakat banyak, namun hingga 9 bulan berlalu apa yang dijanjikan itu belum kesampaian.

“Saya sangat mengapresiasi sangat bapak bapak, saya selalu mengkomunikasi hal ini dengan pimpinan di Pemkab, maupun dengan pihak perusahaan, namun kenyataannya hari ini belum terealisasi,” kata Camat.

Lebih lanjut dikatakan mantan Lurah Pangkalan Kerinci Timur ini, terakhir dia berkomunikasi dengan Taufik Humas PT.IIS disebutkan bahwa perusahaan akan merealisasikan nya pada bulan Oktober.

“Info terakhir dari pak Taufik Oktober ini realisasinya,” lanjutnya

Namun janji manajemen PT. IIS kadung sudah tidak memiliki nilai kepercayaan lagi dimata masyarakat.

“Ucapan mereka tak layak dipercaya, mereka hanya bisa PHP, berbohong lagi dan berbohong lagi, kita demo saja mereka, kita desak Bupati, dewan dan Polres mendatangkan petinggi IIS, apa mau mereka itu,” kata Ketua RT di jalan Raja Khairul dengan tegas disambut ucapan kata setuju dari semua yang hadir.

Kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat tersebut, forum RT, Ras akan mengintensifkan komunikasi antar ketua RT RW di Pangkalan kerinci terkait rencana aksi dalam waktu dekat ini, sedangkan pemberitahuan demo ke Polres Pelalawan secepatnya akan disiapkan oleh Koordinator forum

(Ikhwan Nur Rahman)

(A. Hilmi)