Los Angeles, Aktual.com – Mayoritas warga Amerika Serikat khawatir tidak mampu membayar sewa tempat tinggal, mengutip survei Federal Home Loan Mortgage Corporation AS atau Freddie Mac, Senin (15/8).

Survei Freddie Mac menunjukkan sekitar 62 persen rumah tangga di AS sangat mengkhawatirkan kemampuan mereka untuk membayar sewa tempat tinggal dalam 12 bulan ke depan.

“Survei kami menunjukkan bahwa krisis keterjangkauan perumahan nasional semakin memburuk, dan bahwa inflasi menjadi penyebab utamanya. Freddie Mac Multifamily sedang menuju tahun rekor dalam perjuangan menciptakan perumahan yang terjangkau, tetapi dibutuhkan upaya bersama berkelanjutan dan komprehensif untuk mengubah keadaan,” kata Kepala Freddie Mac Multifamily,¬†Kevin Palmer, dalam sebuah rilis berita.

Sementara itu, 61 persen responden survei tersebut mengatakan mereka kadang-kadang tidak memiliki cukup uang untuk kebutuhan pokok, seperti pangan dan papan, atau hidup dari gaji ke gaji dengan uang yang hanya untuk bertahan hidup.

Survei juga menemukan harga sewa tempat tinggal yang harus dibayar oleh hampir 60 persen penyewa mengalami kenaikan dalam 12 bulan terakhir, dengan rasio hampir satu dari tiga orang mengalami kenaikan harga sewa sebesar 10 persen atau lebih.

Hanya 38 persen penyewa yang mendapatkan kenaikan gaji, sedangkan sepertiga dari angka tersebut mengaku nilai kenaikan gaji mereka tidak dapat menutupi kenaikan harga sewa tempat tinggal.

Menurut survei, hampir satu dari lima orang yang mengalami kenaikan harga sewa kini sangat mungkin untuk menunggak sewa.

Freddie Mac menyatakan rumah tangga yang disurvei hampir secara umum terdampak oleh kenaikan harga dalam 12 bulan terakhir, dengan persentase paling tinggi, yakni 66 persen, menunjukkan kenaikan biaya bahan makanan dan perlengkapan rumah tangga sebagai penyebab utama.

Kenaikan biaya lainnya yang paling banyak disebut oleh responden adalah biaya transportasi, makan di restoran, dan utilitas.

“Kenaikan biaya sewa dalam kurun waktu lebih dari 12 bulan terakhir menyebabkan ketidakpastian perumahan yang bahkan lebih besar lagi bagi para penyewa yang paling rentan,” kata Palmer.

Survei daring nasional Freddie Mac, yang dilaksanakan dari 6 hingga 10 Juni 2022, dilakukan terhadap sampel perwakilan yang mencakup 2.000 konsumen Amerika berusia 18 tahun ke atas.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)