Pemain Manchester City Raheem Sterling (kanan) berebut bola dengan pemain Atletico Madrid Sime Vrsaljko pada pertandingan babak Perempat Final Liga Champions Leg ke-1 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (5/4/2022). Manchester City bungkam tamunya Atletico Madrid 1-0. ANTARA FOTO/Action Images/Carl Recine/via REUTERS/wsj.

Jakarta, Aktual.com – Pemain depan Inggris Raheem Sterling resmi bergabung dengan Chelsea dalam kontrak lima tahun dari Manchester City, umum kedua klub Liga Premier itu seperti dikutip Reuters, Kamis.

Menurut media massa Inggris, kesepakatan itu bernilai hingga 50 juta pound (Rp893 miliar).

“Saya sudah pasti telah mencapai banyak hal dalam karier saya sejauh ini, tetapi masih banyak lagi yang harus dicapai dan saya sangat menantikan melakukan hal itu dalam seragam Chelsea,” kata Sterling kepada laman Chelsea.

Sterling menjadi pemain pertama yang direkrut Chelsea di bawah pemilik baru Todd Boehly dan Clearlake Capital yang mengambil alih kepemilikan dari Roman Abramovich akhir Mei lalu.

Pemain berusia 27 tahun itu memainkan 47 pertandingan dalam semua kompetisi untuk City musim lalu untuk mencetak 17 gol dan membuat sembilan assist.

Selamat tinggal Manchester City 

Raheem Sterling memastikan kepergiannya dari Manchester City dalam sebuah pesan emosional kepada para penggemar klub ini Rabu waktu setempat.

Penyerang timnas Inggris yang memainkan 225 pertandingan Liga Premier untuk City dan mencetak 91 gol liga sejak bergabung dari Liverpool pada 2015 itu segera bergabung dengan Chelsea.

“Kepada staf pelatih yang telah berperan besar dalam perkembangan saya selama bertahun-tahun,” kata Sterling via Twitter. “Untuk rekan-rekan satu tim saya yang telah menjadi lebih dari sekadar berbagi lapangan dengan saya. Kepada staf ruang belakang. Kepada staf kantor. Kepada para penggemar yang tanpa lelah mendukung tim ini”

“Dan untuk semua orang yang terlibat dengan Manchester City, hormat saya kepada kalian sangatlah besar.”

Sterling memenangkan empat gelar Liga Premier, satu Piala FA dan empat Piala Liga bersama City dan juga mencapai final Liga Champions pada 2021 setelah kalah dari Chelsea.

“Sungguh perjalanan yang luar biasa. Saya bersyukur atas pasang surutnya, karena penurunan itu kadang-kadang menguji kekuatan dan tekad saya, dan membuat saya bisa berdiri di sini di depan kalian sebagai versi terbaik dari diri saya,” sambung dia.

“Saya tiba di Manchester saat orang yang berusia 20 tahun, hari ini saya pergi sebagai seorang pria. Terima kasih atas dukungan Anda yang tiada henti. Sungguh sebuah kehormatan bisa mengenakan seragam Manchester City.”

Sterling yang sebenarnya masih menyisakan satu tahun dalam kontraknya di City tidak menyebut Chelsea dalam pernyataannya tetapi kabarnya sudah meneken persyaratan pribadi.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)