Jakarta, Aktual.co — PT Garuda Indonesia (Persero) akan segera membuka kembali rute penerbangan Lombok-Surabaya dan sebaliknya untuk memenuhi permintaan konsumen.

“Kami masih menunggu kepastian dari pusat terkait rencana itu, tapi yang pasti secepatnya akan dibukan kembali,” kata General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) Sudarmadi, di Mataram, Senin (20/10).

Dia menjelaskan, perusahaannya secara resmi menutup sementara layanan penerbangan dari Bandara Internasional Lombok (BIL), di Kabupaten Lombok Tengah, menuju Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur, sejak 9 September 2014.

Kebijakan itu diambil karena pesawat yang biasa digunakan untuk melayani rute penerbangan pendek tersebut dipindahkan ke daerah lain, sambil menunggu pesawat yang muatannya relatif lebih banyak, seiring tingginya animo masyarakat menggunakan pesawat Garuda.

“Kapasitas pesawat yang sebelumnya dipakai untuk melayani rute Lombok-Surabaya dan sebaliknya hanya 92 orang. Rencananya pesawat pengganti yang akan didatangkan kapasitasnya 152 kursi,” ujarnya.

Sudarmadi mengatakan, pesawat Garuda yang akan didatangkan tidak hanya melayani rute Surabaya-Lombok, tapi juga “connekting” dengan rute Bima dan Sumbawa yang sudah dilayani Garuda.

Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Bandara Internasional Lombok ke Bandara Muhammad Kaharuddin III Sumbawa Besar dengan pesawat Turboprops ATR 72-600, sejak September 2014.

Kehadiran maskapai Garuda Indonesia ke Sumbawa Besar sehubungan dengan program pengembangan jaringan penerbangan. Pengembangan jaringan terhadap wilayah-wilayah “remote” di Indonesia yang dianggap memiliki potensi ekonomi dan pariwisata.

“Sebagai maskapai penerbangan nasional, kami juga memiliki kewajiban untuk mendorong perkembangan pariwisata di daerah dengan membuka rute penerbangan antarwilayah,” kata Sudarmadi.

()

(Eka)