Nusa Dua, Aktual.com – Pertemuan Tahunan 2018 Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia di Bali merupakan momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia keberhasilan Indonesia sebagai ekonomi yang bereformasi, berdaya-tahan dan progresif.

“Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lebih seimbang dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (25/8).

Agus yang juga wakil ketua panitia nasional pertemuan tahunan itu mengatakan, sejak 20 tahun terakhir Indonesia melaksanakan reformasi tidak hanya di sektor fiskal, namun juga di struktural dan moneter. Indonesia kini menganut sistem desentralisasi dalam menjalankan pemerintahannya.

Sementara BI, katanya, merupakan bank sentral yang independen dalam melaksanakan fungsi moneter. Adapun Kementerian Keuangan, telah mempu menjaga keuangan negara melalui kebijakan fiskal yang solid.

Ia juga mengatakan, sebagai tuan rumah Indonesia akan memperoleh banyak manfaat, mulai dari kesempatan ekonomi dalam persiapannya, promosi produk unggulan dan tujuan investasi, hingga peningkatan devisa negara melalui kunjungan peserta.

Indonesia, lanjutnya, juga dapat menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan keberhasilan ASEAN yang berkembang menjadi kerja sama regional dengan ekonomi yang stabil, tertata baik, serta siap menjadi motor pertumbuhan dunia.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga wakil ketua panitia Nnsional kegiatan itu mengatakan manfaat lain yang juga diperoleh Indonesia adalah citra dan reputasi bahwa Indonesia mampu melaksanakan kegiatan internasional yang besar.

Indonesia, katanya, dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan pariwisata Indonesia mengingat delegasi dari 189 negara anggota akan berkunjung ke Indonesia.

Ia membandingkan dana yang dibutuhkan untuk promosi wisata Indonesia di luar negeri agar masyarakat negara-negara itu tahu dan mengenal serta berkunjung di Indonesia.

(Arbie Marwan)