Jakarta, Aktual.co — Putra presiden RI pertama Soekarno, Guruh Soekarnoputra menilai pidato kenegaraan yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo di acara pelantikan sangat bagus.
Terlebih dalam pidato sekitar 10 menit itu, Jokowi ingin melaksanakan konsep Trisakti Bung Karno dalam menjalankan pemerintahannya kedepan, khususnya disektor kemaritiman.
“Saya rasa, sangat baik sesuai dengan rencana beliau bahwa, pemerintahan beliau ini akan melaksanakan Trisakti. Itu sudah diungkapkan pada pidatonya tadi, beliau merasakan, sangat berperan utamanya di bidang maritim,” kata Guruh kepada wartawan, usai menghadiri acara pelantikan Jokowi-JK, di gedung Parlemen, Jakarta, Senin (20/10).
Namun Guruh tidak percaya bila dalam menjalankan pemerintahan, konsep Trisakti dapat dijalankan sesuai keinginan dan harapannya Jokowi.
Alasannya, pondasi bangsa yakni Undang-Undang Dasar 1945 yang sejak diamademen sudah tidak kuat.
“Sangat sulit ya (jalankan Trisakti), Saya pribadi sebagai orang politik bahwa negara ini susah diatur sesuai dengan Pancasila. Manakala UUD sekarangkan hasil dari amandemen 2002.”
“Itu menurut saya harus dikembalikan ke (UUD) asli, itu yang saya rasa. Karena itu sebagai dasar susuanan negara, sistemnya,” kata dia.

(Novrizal Sikumbang)

()