TES KESEHATAN SOPIR BUS MUDIK

Jakarta, Aktual.com – Pengemudi bus di Terminal Kalideres dari berbagai perusahaan otomotif (PO) menjalani tes kesehatan dan tes urine sebelum membawa penumpang mudik 2019.

“Kita ditugaskan dari sudin (suku dinas kesehatan) melakukan pemeriksaan pengemudi H-7 hingga H+7 dari jam 8 hingga 5 sore. Pengemudi yang datang yang sebelumnya sudah disuruh sama Dishub (Dinas Perhubungan) akan kita periksa,” ujar Via, salah seorang dokter yang bertugas di Terminal Kalideres, Minggu (2/6).

Via mengatakan, setiap pengemudi akan menjalani pengecekan tensi, kadar gula darah, alkohol respirasi dan tes urine. “Sampai pagi ini sudah 115 pengemudi yqng dicek, 79 laik jalan, yang laik dengan catatan 33 orang dan yang tidak laik ada 3 orang,” kata Via.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan secara umum, beberapa pengemudi memiliki kadar gula yang mendekati ambang bawah yakni 80.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menganjurkan pengemudi untuk mengonsumsi teh manis ketika berbuka puasa. Untuk pengemudi yang laik dengan catatan, didapati kondisi dengan tensi sedang di rentang 140-160 dan gula di atas 200 ml.

(Abdul Hamid)