Jakarta, Aktual.com — Manusia adalah makhluk sosial. Dalam Kehidupan bermasyarakat, apapun bisa saja terjadi, seperti jatuh cinta, kasih sayang, emosi, dan juga patah hati. Namun tahukah Anda, bahwa tingkah laku sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia?.

Emosi merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit yang berdampak negatif. Rupanya tidak hanya emosi, beberapa perilaku negatif yang sering atau tidak sengaja Anda lakukan juga dapat mempengaruhi pola hidup sehat Anda.

Tapi apakah Anda mengetahui bahwa dari beberapa sisi negatif tersebut, masih menyimpan beberapa hal positif lainnya.  Itulah mengapa sering kali orang mengatakan, ‘ambil hikmahnya’.

Laman Boldsky melaporkan, bahwa ada beberapa perilaku negatif yang dapat membawa kepada sedikit hal positif. Misalnya:

Memendam Amarah
Sebagian besar menganggap, bahwa cepat emosi merupakan tindakan negatif.  Namun yang lebih berbahaya yakni, jika Anda menutupi kemarahannya dan menyimpannya sebagai permasalahan pribadi. Itu berbahaya bagi kesehatan. Anda tahu, itu seperti menyimpan racun dalam tubuh kita.

Merasa Rendah Diri
Memiliki sikap rendah diri pun tidak bagus dalam manajemen kehidupan Anda. Ketika emosi, Sebaiknya gunakanlah sebagai penyemangat dalam diri Anda agar dapat berprilaku lebih baik lagi. Merasa rendah diri hanya akan membawa Anda dalm keterpurukan

Menangis
Menangis itu merupakan emosi negatif.  Namun para ahli  kesehatan mengatakan, tidak ada gunanya menahan air mata.  Ketika Anda menangis, itu akan membantu Anda merasa lebih baik.

Kesepian
Merasa ingin tinggal seorang diri, merupakan tindakan perilaku condong ke arah negatif, karena tidak memiliki rasa sosialisasi. Namun, para psikolog mengatakan, bahwa tindakan menyendiri dalam arti kata ‘kesepian’, dapat membantu Anda berfikir di luar dugaan itu seperti mengisi kembali energi pada mental Anda, karena Anda akan lebih fokus

Berpikir yang Tidak Masuk Akal
Selalu mengesampingkan berpikir memakai logika merupakan salah satu tingkah laku yang aneh.  Namun terkadang kita perlu untuk mengikuti apa kata hati kita. Biasanya itulah yang terbaik untuk kita

Nyeri Batin yang Tak Terhidarkan
Jika Anda membatin di dalam hati yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, akan lebih baik untuk dikatakan. Semakin Anda memendam, itu akan membuat Anda menjadi terpuruk dan merusak kesehatan Anda. Lebih baik dihadapi agar semuanya selesai dan jelas.

Bergosip
Gosip merupakan tindakan negatif.  Ketika Anda mendengar seseorang membicarakan yang buruk tentang Anda, maka emosi pun akan meluap. Tetapi, biasanya dengan Anda bergosip, Anda memiliki teman untuk berbagi cerita, dan merasa lebih senang karena telah mberbicara banyak hal dengan teman Anda. Meskipun itu buruk bagi yang dibicarakan.

()