Jakarta, Aktual.co — Anggota komunitas penyayang anjing German shepherd dog (atau lebih dikenal dengan anjing Herder), Rifian Rico bersama perkumpulannya suka kumpul di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. 

Menurut Rico, anjing Herder berat tubuhnya bisa mencapai 30-40 kg untuk jenis kelamin jantan. Sedangkan, betina sekitar 22-32 kg. Dan, tinggi maksimal yaitu, 60cm.

Kata ia, anjing Herder termasuk jenis anjing termahal di dunia. Harganya mampu mencapai Rp230 juta per ekor. “Anjing herder jika sudah besar harganya bisa puluhan bahkan ratusan juta. Apalagi kalau sudah dilatih menggigit dan mengejar orang itu yang lebih mahal lagi,” ungkapnya di kawasan Senayan, Jakarta.

Ditanya soal makanan dan perawatan? Rico menjawab, anjingnya makan persis sama dengan makanan manusia. Namun agar tidak sakit, diselingi dengan makanan anjing (dog food).  “Makannya kaya nasi, dan ikan. Tapi, kadang makanan kucing dan anjing (dog food). Makannya sehari dua kali. Terus minum susu sehari lima kali,” urainya. 

Masih di tempat yang sama, Rico berbagi kiat dalam merawat anjing Herder. “Setelah anjing baru dibeli dan tiba di rumah, taruh dia di tempat yang tenang untuk adaptasi. Jangan ajak main terlebih dahulu 2-3 jam. Terus jangan langsung dikasih makan, sebaiknya diberi makan 12 jam kemudian,” saran ia.

()