Daging Sapi

Medan, Aktual.com – Harga daging sapi segar di pasar Medan dan sekitarnya terus bergerak naik atau paling murah sudah menjadi Rp135.000 per kg dari harga normal yang rata-rata Rp110.000 per kg.

“Yah benar, ada kenaikan harga daging sapi segar di pasar mendekati Puasa Ramadhan. Pantauan di pasar tradisional, harga daging sapi, rata-rata sudah Rp133.000 per kg,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite di Medan, Sabtu (26/3).

Kenaikan harga dampak terus meningkatnya permintaan di pasar menjelang Puasa Ramadhan.

Meski pun, katanya hasil monitoring, stok daging di tangan pedagang dan perusahaan pemotongan cukup aman.

Termasuk ada stok daging kerbau beku impor yang cukup banyak di gudang BULOG Sumut.

“Disperindag terus memantau dan mengawal perdagangan daging sapi itu dan sudah mewanti-wanti perusahaan pemasok dan pedagang tidak melakukan aksi spekulasi di tengah banyaknya permintaan,”katanya.

Harapannya, konsumen juga tidak membeli daging secara besar-besaran agar tidak menjadi pendorong naiknya lagi harga jual komoditas itu.

Pimpinan Wilayah Sumut Perum BULOG, Arif Mandu, menyebutkan, ada stok daging kerbau beku impor sebanyak 13 ton.

Daging kerbau beku impor itu diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan daging menjelang Puasa Ramadhan.

“Stok itu merupakan daging yang baru masuk ke Sumut, Senin lalu,”katanya.

Setelah 13,1 ton masuk, BULOG Sumut berharap akan ada tambahan pasokan lagi agar ketersediaan daging di Sumut. benar-benar memadai sehingga bisa membantu menahan lonjakan harga daging sapi segar.

(Arie Saputra)