Jakarta, aktual.com – Lima tahun belakangan, pasar pencari hunian di kawasan penyanggah Jakarta khususnya dalam kategori end-user banyak didominasi oleh kaum milenial.

Beda generasi, beda pula preferensi yang melatarbelakangi faktor dalam mencari hunian. Dibandingkan generasi sebelumnya, faktor yang dipertimbangkan milenial dalam memilih tempat tinggalnya tergolong lebih variatif.

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi.co.id, masalah harga menjadi faktor utama pendorong minat milanial untuk membeli rumah, hal ini sangat wajar karena memang saat ini harga rumah khususnya di kawasan pusat kota, seperti Jakarta kian melambung tinggi. Mo

“Makanya tak heran, saat ini banyak para milenial yang kini mencari hunian di pinggiran Jakarta, di sana mereka bisa menemukan harga rumah dijual di Bekasi di bawah 200 juta, rumah subsidi pemerintah di Kabupaten Bogor, hingga cluster murah di Tangerang,” katanya melalui keterangan di Jakarta, Minggu (21/2/2021

Disamping faktor harga, masih ada faktor lainnya yang melatar belakangi preferensi pencarian hunian bagi milenial khususnya para peminat hunian di kawasan penyanggah Ibukota.

Nuansa misalnya. Meskipun terlihat sepele, nuansa perumahan bisa menjadi faktor krusial pencarian tempat tinggal para milenial di kawasan satelit Ibukota. Beberapa preferensi nuansa hunian yang diminati milenial mulai dari kawasan modern, kota pintar berteknologi, hingga nuansa resort.

(Zaenal Arifin)