Minyak Goreng Curah
Ilustrasi- Minyak Goreng Curah

Jakarta, Aktual.com – Harga minyak goreng belakangan sudah mulai naik lagi. Padahal beberapa waktu lalu harga sudah mulai turun.

Terkait penurunan harga sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono mengapresiasi kinerja Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam percepatan penurunan harga minyak goreng curah maupun kemasan.

“Kami Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia memberikan apresiasi kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan yang telah berhasil menurunkan harga minyak goreng baik curah maupun kemasan yang sempat melambung tinggi pada beberapa bulan terakhir,” Ungkap Sudaryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/07).

Sudaryono berharap, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) yang baru dilantik Presiden Joko Widodo bulan lalu untuk terus fokus bekerja menstabilkan harga minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya.

Sudaryono mengatakan, minyak goreng curah mengalami kenaikan harga di beberapa pasar. Dari sebelumnya Rp 14 ribu per liter, harga minyak goreng curah kini menjadi Rp 14.500 sampai Rp 16.000 per liter.

“Meski kini harga minyak goreng curah sudah jauh lebih murah dari awal tahun, tetapi beberapa hari ini harga minyak goreng curah mengalami kenaikan sekitar Rp 500 sampai Rp 2.000 per liter,” ungkap Sudaryono.

Meski mengalami kenaikan signifikan, APPSI berharap Zulhas bisa menstabilkan harga minyak goreng curah dan kebutuhan pokok lainnya.

(Arie Saputra)