Operasi Pasar Minyak Goreng murah di Bukittinggi.

Bukittinggi, Aktual.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi di Sumatera Barat melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan setempat bekerja sama dengan PT Wira Inno Mas (Musim Mas Group) menggelar operasi pasar minyak goreng dengan harga terjangkau.

Operasi ini dilaksanakan di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi, selama dua hari hingga Selasa (18/01) untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok khususnya minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter.

Sejak dibukanya stan operasi pasar murah yang menyediakan 10.020 liter minyak goreng itu, masyarakat berbondong-bondong untuk dapat membeli minyak goreng dengan antrean yang cukup panjang di lokasi.

“Senang rasanya ada bantuan seperti ini, harga yang diberikan sangat murah dibanding harga pasar saat ini yang mencapai Rp20 ribu per liter,” kata seorang warga, Arkan di Bukittinggi, Senin (17/1).

Ia mengaku mendapat informasi tentang pasar murah minyak goreng dari postingan di media sosial warga lainnya dan sengaja datang untuk membeli.

“Saya datang pukul 09.00 WIB, untuk lebih adil kami hanya dibolehkan membeli maksimal dua liter per orang agar warga lainnya juga sama-sama menikmati harga murah, syaratnya cuma satu yaitu rela mengantre,” kata dia.

Sementara itu Kabid Perdagangan Kota Bukittinggi, Mira Rosy mengatakan operasi pasar murah ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Perdagangan.

“InsyaAllah bulan depan juga akan dilaksanakan kembali dengan stok minyak goreng sebanyak 15.000 liter,” kata dia.

Section Head General Affair PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Group) Gunawan Ginting menyampaikan kegiatan operasi pasar murah ini juga wujud nyata dan bentuk koordinasi yang baik antara pemerintah dengan dunia usaha.

“Operasi pasar ini dilakukan karena melihat kebutuhan warga akan minyak goreng cukup tinggi sementara beberapa minggu terakhir harga minyak goreng cukup tinggi di pasaran,” kata dia.

Sampai akhir Januari 2022 target PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Group) telah menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana dengan total 83.207 liter di  Sumatera Barat.

“Secara keseluruhan target untuk Musim Mas Group di seluruh Indonesia, menyalurkan sebanyak 1.006.808 liter sampai akhir Januari 2022,” kata dia.

(Arie Saputra)