mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo dilaporkan ke polisi karena turut mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang disunting sehingga mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo. Roy dinilai telah melanggar UU ITE dan penistaan agama.

Jakarta, Aktual.com – Hari ini kepolisian akan melakukan agenda pemeriksaan pelapor kasus meme stupa mirip jokowi yang melibatkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

“Hari ini kita agendanya pemeriksaan pelapor dan juga saksi. Jadi kita akan kasih keterangan terkait masalah laporan dari perwakilan umat Budha Nusantara,” kata pengacara pelapor Herna Suntana.

“Ada beberapa bukti tambahan yang kita juga sudah kumpulkan, lebih lengkap lagi, semua dalam bentuk hardcopy dan bentuk softcopy itu saja,” sambungnya.

Untuk diketahui, Roy Suryo turut mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang disunting sehingga mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo. Roy dinilai telah melanggar UU ITE dan penistaan agama.

Ia dilaporkan oleh perwakilan umat Budha bernama Kurniawan Santoso dan komunitas Dharmapala Nusantara, Kevin Wu.

Herna mempermasalahkan peran Roy Suryo yang ikut mengunggah meme itu di media sosial. Menurutnya, meski bukan pembuat meme, tindakan Roy itu justru dinilai telah membuat viral di media sosial.

“Yang bersangkutan punya followers banyak ini tidak mungkin semeledak ini kalau tidak diunggah orang yang ber-followers banyak,” uja Herna kepada wartawan, di Polda Metro Jaya.

(Dede Eka Nurdiansyah)