Gambar kemunculan harimau sumatera di jalan lintas barat Tanggamus-Krui Pesisir Barat.

Jakarta, Aktual.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung mengonfirmasi kemunculan harimau Sumatera di Jalan Lintas Barat Tanggamus-Krui Pesisir Barat. Keberadaannya terekam oleh kamera warga di Pekon (Desa) Pemerihan, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat.

Irhamuddin, Humas BKSDA Bengkulu SKW III Lampung, menjelaskan bahwa lokasi sebenarnya bukan di Sedayu seperti narasi dalam video, melainkan di Jalan Lintas Barat Sanggi Bengkunat Pemerihan.

“Kami sudah mengkonfirmasi sumber video tersebut, melalui Kepala Resort Pemerihan BBTNBBS, bahwa lokasi bukan di Sedayu seperti narasi yang ada dalam video, melainkan kemunculan harimau tersebut di Jalan Lintas Barat Sanggi Bengkunat Pemerihan,” kata Irhamuddin, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Sabtu.

Atas kemunculan harimau Sumatera, BKSDA akan mengambil tindakan mitigasi dan penanganan yang tepat terhadap hewan buas tersebut.

“Terkait dengan video yang beredar, tentunya BKSDA Bengkulu melalui SKW III Lampung akan melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan harimau tersebut,” katanya.

Meskipun demikian, BKSDA masih menunggu informasi lebih lanjut dan akan berkoordinasi dengan tim lapangan untuk merencanakan langkah-langkah mitigasi yang tepat.

“Kami masih menunggu informasi perkembangan dari tim di lapangan, kemudian selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah mitigasi yang tepat untuk satwa harimau sumatera,” ujarnya.

Irhamuddin juga memastikan bahwa serangan harimau terhadap warga di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, pada Kamis (08/02/24) lalu, bukan dilakukan oleh harimau yang terpantau dalam rekaman kamera warga.

“Korban harimau Sumatera yang terjadi di Suwoh, bisa kami pastikan individu yang berbeda,” tegasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan