Jakarta, Aktual.com — Menyusui bayi Anda merupakan cara yang sehat untuk membuatnya tumbuh sehat dan kuat. Jika seorang yang baru menjadi ibu memiliki kemampuan untuk menyusui anak mereka, mereka harus melakukannya tanpa ragu-ragu.

Mengenai menyusui, sebenarnya apakah Anda tahu bahwa apa yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi kualitas ASI Anda? Menurut para ahli, ada beberapa bayi yang baru lahir menyukai rasa susu. Tetapi setelah beberapa waktu, mereka mendapati rasa mual di perutnya. Setelah itu akan ada perubahan dalam tinja dan anak yang sedang disusi mungkin juga berubah menjadi rewel.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan asupan gizi apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menyusui. Di dalam artikel yang dilansir dari laman Boldsky, ini beberapa buah-buahan yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda sedang menyusui. Apa sajakah itu?

Buah ‘sitrus’
Buah jeruk sering menambahkan ‘rasa tajam’ ke ASI, hal ini dapat menyebabkan perut pada bayi menjadi masalah. Cara terbaiknya yaitu hindari buah sitrus seperti jeruk, anggur, jeruk nipis dan lemon. Meskipun sebenarnya ibu menyusui membutuhkan vitamin C yang baik pada tubuhnya.

Stroberi
Mengonsumsi terlalu banyak buah stroberi (strawberry) saat menyusui dapat memberikan efek bayi Anda alergi yang serius. Tanda-tandanya meliputi pembentukan ‘gas’ perut, diare, kerewelan, dan beberapa bayi bahkan ditemukan berupa ruam di kulit. Jadi, yang terbaik adalah untuk menjauhi buah ini.

Nanas
Nanas memiliki sifat asam secara alami, dan jika mengonsumsi buah ini, dapat membuat ASI ‘tengik’, yang pada akhirnya bisa memberikan bayi berupa bintik merah di bagian popoknya.

Kiwi
Konsumsi buah kiwi saat menyusui anak adalah tidak sehat, karena sifat yang hadir dalam buah kiwi bisa membuat anak merasa perutnya kembung.

Buah ceri
Makan terlalu banyak ceri dapat menyebabkan masalah. Buah ceri adalah pencahar alami. Hindari konsumsi buah bermasalah ini, terutama ketika Anda sedang menyusui bayi.

Plum
Konsumsi terlalu banyak plum saat menyusui dapat menyebabkan perubahan ruam pada popok bayi secara berlebihan. Sebaiknya hindari buah ini ketika Anda menyusui

Apel
Ketika apel baik untuk dimakan, dokter menyarankan agar saat menyusui Anda harus menghindarinya. Hal itu disebabkan, kehadiran serat di dalam apel dapat menyebabkan sembelit pada bayi.

()

()