Jakarta, Aktual.com – Guna mendorong warganet lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan internet dan menanggal informasi yang tidak benar (hoaks), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi Netizen Festival 2019.

Siberkreasi Netizen Festival ini merupakan kegiatan untuk mendorong warganet lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan internet dan menanggal informasi yang tidak benar (hoaks).

Menkominfo Rudiantara mengatakan, gerakan yang merupakan inisiatif multi stakeholders yang terdiri dari kementerian, akademisi, komunitas, media dan juga private sector diawali dengan kegelisaham soal sisi rentan internet.

“Literasi digital sangat penting, karena tingkat pengetahuan masyarakat masih belum baik. Pasalnya, era digital ini sangat cepat dan sulit dibendung informasinya,” katanya, Sabtu (5/10).

Menurut Rudiantara, gerakan tersebut bisa menjawab kegelisahan tersebut. Karena tujuan utama Siberkresi adalah mendorong warganet (netizen) Indonesia berperan aktif menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya. 

“Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital,” ujarnya.

(Abdul Hamid)