Jakarta, Aktual.co —Menjemur pakaian di dalam ruangan, atau mengeringkan pakaian memakai mesin cuci, kami sarankan untuk berhati-hati. Mengapa?

Kebiasaan itu mampu menyebabkan tingkat kelembaban meningkat sebesar 30 persen. Jamur Spora bisa tumbuh dan melekat pada pakaian. Para ahli kesehatan member sinyal waspada terhadap resiko kesehatan serius dari ‘aspergillus fumigatus spora’ yang sangat berbahaya. Terbukti banyak pasien di Inggris yang dirawat setelah mereka menghirup jamur tersebut, demikian lapor Dailymail, Jumat (27/11)

Spora tersebut memberikan efek negatif terhadap paru-paru. Dokter menyarankan agar Anda menjemur dan mengeringkan pakaian di luar ruangan, di bawah terik sinar Matahari. Mengeringkan pakaian memakai mesin  bisa menimbulkan resiko kesehatan yang serius terhadap orang-orang yang sistem kekebalannya lemah, khususnya yang menderita penyakit asma.

Pakaian yang terbungkus dan dikeringkan melalui frame atau radiator hangat pada mesin bisa meningkatkan kadar kelembaban di dalam rumah meningkat hingga 30 persen. Itu berakibat menciptakan kondisi berkembang biak yang ideal untuk spora jamur tersebut. Selain itu, apergillus fumigatus spora juga bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Profesor David Denning bersama timnya di National Aspergillosis Centre dari Manchester telah mengeluarkan peringatan, pasca mengobati banyaknya pasien yang telah menghirup spora jamur aspergillus.

“Salah satu beban cuci basah mengandung hampir dua liter air, yang dilepaskan ke dalam ruangan. Sebagian besar dari kita mungkin kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab, atau memiliki sistem yang cukup sehat untuk melawan infeksi. Sebagian yang lain tidak,” urai Profesor Denning.

Kami sarankan, bagi Anda yang memiliki kebiasaan menjemur pakaian dalam ruangan atau mengeringkan menggunakan mesin, segera untuk mengubahnya. Menjemurlah di luar ruangan, agar orang terdekat dengan kita terhindar dari jamur berbahaya yang berasal dari pakaian kita sendiri.

()