Tangkapan layar Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya. (ANTARA/HO-KBRI Inggris)

“Masjid ini, Insha Allah, akan membantu meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat setempat khususnya di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial, serta terus mempromosikan toleransi serta saling menghormati antar-agama,” kata Desra dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (18/10) ditulis pada Selasa (19/10).

Desra mengatakan bahwa pembangunan masjid tersebut turut didukung oleh Muslimat Nahdlatul Ulama lintas negara.

Para jamaah muslimat juga menyiapkan program gotong royong wakaf, yang berkolaborasi dengan KBRI London, PP NUCare-Lazisnu, PCINU Inggris, IIC London, dan sejumlah komunitas lainnya.

Dukungan dari semua pihak tersebut juga turut tercermin dalam agenda Riyadhoh dan Doa Bersama yang diselenggarakan Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU dan United Kingdom, serta PP Muslimat NU pada Minggu (17/10).

Desra pun menyampaikan rasa bangga terhadap kiprah Muslimat di Inggris Raya, yang menjadi penggerak silaturahni antar organisasi masyarakat, saling membantu dan meningkatkan moderasi bagi warga Indonesia di Inggris.

“Saya bangga sekali dengan kiprah, semangat dan juga amal yang dilakukan oleh teman-teman Muslimat NU UK. Juga peran penting Muslimat NU UK dalam membangun kerukunan sesama warga Indonesia di Inggris, saling membantu, saling bahu membahu dan juga berpartisipasi dan berperan aktif dalam menyiarkan Islam rahmatan lil-alamin. Saya sangat bangga,” kata Desra.

Dia pun berharap agar masjid Indonesia dapat turut mendorong dakwah rahmatan lil-alamin, dan membangun citra baik Indonesia di kancah internasional, terutama di Inggris Raya.

Masjid Indonesia di London akan dibangun di kawasan tengah kota sebagai sarana dakwah Islam moderat serta wadah nilai-nilai Indonesia di Inggris Raya.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)