ilustrasi panjat tebing (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Indonesia menerjunkan 12 atlet dalam Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2022 yang akan dihelat di Seoul, Korea Selatan, 10-16 Oktober mendatang.

Dari 12 atlet itu, 9 atlet di antaranya atlet yang akan tampil pada nomor speed, sedangkan tiga atlet lainnya turun pada nomor lead dan boulder.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid optimistis bahwa berkaca dari hasil Piala Dunia seri Jakarta 2022, Indonesia akan kembali meraih hasil maksimal dalam kejuaraan panjat tebing tingkat Asia itu.

“Melihat hasil World Cup di Jakarta kemarin, saya tentu optimistis bahwa atlet kami terutama disiplin speed bisa meraih hasil maksimal di kejuaraan panjat tebing Asian Championship 2022 ini,” kata Yenny dalam siaran pers, Sabtu (8/10).

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa pengiriman atlet ke kejuaraan itu adalah upaya FPTI dalam mempersiapkan atlet menghadapi kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Tim Merah Putih kembali menerjunkan dua pemanjat pemecah rekor dunia dalam kejuaraan Asia yang baru digelar lagi setelah dua tahun vakum itu. Mereka adalah juara dunia speed putra Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin.

Selain itu, Indonesia juga akan mengandalkan atlet lainnya, seperti peraih emas Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta Aswar Jaelolo, Rahmad Adi Mulyono, dan Alfian Muhammad Fajri.

Pada kategori putri, Indonesia menurunkan empat atlet, di antaranya Rabiah Salsabillah dan Desak Made Rita.

Sebelumnya pada edisi terakhir Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2019 di Bogor, Indonesia sukses menyapu bersih podium kategori speed putra dengan medali emas diraih oleh Veddriq, diikuti Katibin yang meraih perak, dan Rahmad Adi dengan perunggu.

Dalam kategori speed putri, Indonesia meraih satu emas lewat Nurul Iqamah dan satu perunggu melalui Rabiah Sallsabillah.

Berikut 12 atlet yang akan berlaga dalam Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2022:

1. Veddriq Leonardo
2. Aspar Jaelolo
3. Alfian Muhammad Fajri
4. Kiromal Katibin
5. Rahmad Adi Mulyono
6. Zaenal Aripin
7. Musauwir
8. Muhammad Rizky Syahrafli
9. Rajiah Sallsabillah
10. Nurul Iqamah
11. Desak Made Rita
12. Sukma Lintang Cahyani

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)