Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa

Kota Bogor, Aktual.com – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengatakan saat ini pemerintah terus mendorong kehadiran Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di berbagai daerah sebagai penguatan jaminan produk halal sekaligus mempercepat pengembangan industri halal Indonesia.

Menurutnya, keberadaan LPH menjadi penting untuk membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan sertifikat halal bagi produknya.

“LPH yang tersebar di seluruh daerah menjadi penting untuk mendorong dan memudahkan para pelaku usaha memperoleh sertifikat halal bagi produknya, termasuk melayani UMKM yang jumlahnya mencapai lebih dari 64 juta. Jaminan kehalalan produk merupakan salah satu syarat untuk menembus pasar halal global,” kata Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Laboratorium Kimia dan Mikrobiologi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI di Bogor secara daring, Selasa (25/1).

Selain itu, ia menjelaskan, saat ini pemerintah terus berpacu dengan waktu, utamanya untuk mewujudkan dua pekerjaan besar pada 2024, yaitu kewajiban tersertifikasinya halal bagi seluruh produk makanan dan minuman sekaligus visi Indonesia sebagai pusat industri produk halal dunia.

Untuk itu, sebagai prionir LPH di Indonesia, LPPOM MUI perlu terus mendukung upaya perluasan dan percepatan proses sertifikasi halal terutama bagi UMKM sektor makanan dan minuman.

Ma’ruf Amin meminta penguatan ekosistem industri halal harus terus dilakukan, terutama untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas industri produk halal, agar semakin memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia. Dalam industri halal, tambahnya, berbagai kebijakan untuk pengembangan UMKM telah dijalankan sebagai fokus pemerintah, termasuk melalui fasilitas sertifikasi halal.

“Label halal penting untuk memberi keyakinan bahwa mutu produk terjamin aman dan sesuai dengan syariat Islam, yaitu halalan thayyiban. Sekaligus memberikan nilai tambah daya saing produk, terlebih saat ini Ketika kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi produk halal meningkat, bahkan telah menjadi bagian dari gaya hidup,” ungkapnya.

(A. Hilmi)