Ilustrasi- Seseorang sedang melakukan kardio untuk menurunkan berat badan.

Jakarta, Aktual.com – Menurunkan berat badan tidak hanya berfungsi untuk mendukung penampilan, tetapi juga akan membuat badan lebih sehat.

Sayangnya, menurunkan berat badan tidak mudah, khususnya untuk wanita.

Para wanita memang lebih lambat untuk membakar lemak jika dibandingkan pria sehingga harus memilih jenis olahraga yang tepat.

Simak beberapa jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk wanita yang direkomendasikan berikut ini.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk wanita

Disarikan dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut adalah tiga jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk wanita yang bisa dijajal.

Olahraga otot

Melakukan olahraga otot, seperti push uplungeskettlebell swing, hingga angkat beban bisa membantu tubuh untuk membentuk massa otot.

Penambahan massa otot akan meningkatkan metabolisme sehingga bisa membakar lemak di tubuh dengan lebih baik.

Lakukan olahraga otot secara teratur setidaknya dua kali dalam seminggu dengan 12 hingga 15 kali pengulangan untuk setiap gerakan.

Yoga

Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan adalah yang memiliki intensitas tinggi, seperti ashtangapower yoga, dan vinyasa.

Selain bisa mendukung kesehatan mental, melakukan gerakan yoga tersebut akan mendukung pembentukan otot serta metabolisme tubuh sehingga lemak bisa dibakar dengan baik.

Kardio

Olahraga kardio adalah salah satu jenis olahraga yang akan secara intens meningkatkan denyut jantung serta aliran darah di dalam tubuh sehingga akan mendukung pembakaran lemak di dalam tubuh.

Melakukan olahraga kardio setidaknya 75 menit dengan intensitas tinggi atau 150 menit dengan intensitas sedang bisa efektif dalam membakar lemak.

Beberapa jenis olahraga kardio yang direkomendasikan, yakni HIIT atau High-Intensity Interval Training, lompat tali, senam aerobik, berenang, jalan cepat, jogging, dan bersepeda.

Ketiga rekomendasi olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk wanita tersebut bisa dicoba, namun selalu mulai dengan intensitas rendah jika belum terbiasa.

Ingat juga untuk mengatur pola makan agar berat berat badan bisa turun lebih cepat.

(Arie Saputra)