Ilustrasi OLeh-oleh Asal Medan

Jakarta, Aktual.com – Popularitas Medan sebagai destinasi wisata dalam negeri tak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi, untuk ke Medan, Anda bisa beli tiket pesawat Traveloka dengan mudah dan mengunjungi beragam tempat wisata yang memanjakan mata.

Saat liburan ke Medan, kurang lengkap rasanya jika Anda tak membawa pulang oleh-oleh makanan khas Medan. Pasalnya, Kota Ketua ini adalah surganya makanan nikmat.

Liburan ke Medan? Pasti tak lengkap bila pulang dengan tangan kosong. Intip rekomendasi oleh-oleh Medan kekinian yang tahan lama berupa makanan berikut ini!

1. Bolu Meranti

Menu kue yang satu ini adalah salah satu primadona oleh-oleh ala Medan. Bolu gulung empuk ini berisi bermacam-macam varian rasa, mulai dari cokelat, nanas, abon, keju, dan masih banyak lagi.

Ukurannya yang besar dan rasanya yang enak membuat menu ini cocok untuk Anda santap ramai-ramai bersama kerabat di rumah selepas pulang dari Kota Medan.

2. Lapis legit

Kuliner bercita rasa manis legit ini memang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Medan. Tekstur kue yang padat nan empuk membuat nyaman siapapun yang mencicipinya.

Kue berbahan dasar mentega, margarin, gula halus, susu bubuk, telur, dan tepung terigu ini sangat cocok untuk dibawa pulang dan dikonsumsi dengan teh hangat sembari bercengkrama bareng kerabat.

3. Pia Tamiang

Merk jajanan khas Medan yang satu ini mulai dipopulerkan oleh Gwe Yen Huat pada era orde baru. Dulunya, pia ini memiliki nama Pia Hou Chen.

Layaknya pia pada umumnya, Pia Tamiang memiliki bahan dasar tepung terigu, telur, minyak, dan air. Kemudian, adonan tersebut diberi isian beragam rasa, seperti kacang hijau, pandan, dan jeruk.

Lalu, adonan pia dioven dan jadilah Pia Tamiang yang punya tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya yang nikmat dan produknya yang tahan lama membuat pia ini layak Anda bawa sebagai oleh-oleh.

4. Teri Bajak Medan

Olahan ikan teri khas Medan ini punya keunikan tersendiri, baik dalam hal rasa maupun penampilan.

Teri Medan yang putih dan berukuran kecil diolah dengan kombinasi bumbu sambal kacang dan beragam rempah lainnya sehingga menghasilkan sambal yang gurih pedas. Menu ini cocok untuk dimakan sebagai lauk maupun sekadar cemilan.

Tak cuma itu, menu ini juga cukup tahan lama sehingga cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh yang nikmat.

5. Bika Ambon

Makanan khas Medan yang satu ini tergolong tenar di khalayak umum. Tak heran, menu ini jadi salah satu oleh-oleh wajib untuk para wisatawan Medan.

Kue yang berasal dari daerah simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan, ini punya bentuk balok berwarna kuning dengan tekstur empuk nan berongga. Dibuat dengan bahan dasar air nira, telur, tepung tapioka, dan gula, olahan kue ini memiliki rasa manis yang khas.

Tentu saja para kerabat di rumah tak boleh melewatkan kudapan yang satu ini. Maka dari itu, kue ini bisa jadi opsi tepat untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh.

6. Ikan Sale Medan

Bosan dengan makanan manis? Ikan Sale Medan adalah alternatif oleh-oleh makanan yang menarik.

Ikan Sale Medan adalah ikan air tawar—biasanya Ikan Lele Limbat—yang proses pengolahannya adalah dengan diasapi atau dijemur. Nantinya, hasil olahan ikan akan jadi minim kadar air sehingga lebih awet.

Anda bebas mengolah ikan ini menjadi beragam menu menarik, mulai dari ikan goreng hingga gulai ikan. Bawa pulang Ikan Sale Medan dan kreasikan bersama keluarga di rumah.

7. Manisan Jambu

Masyarakat Medan punya cara unik untuk mengolah buah jambu, yakni membuatnya sebagai manisan.

Biasanya, jambu yang dipakai ialah Jambu Bangkok yang telah dipotong dan dihilangkan bijinya. Kemudian, potongan jambu diolah menjadi manisan yang kelak menghasilkan rasa manis dan segar dengan tekstur renyah.

Manisan Jambu khas Medan adalah alternatif oleh-oleh berbahan dasar buah dan tahan lama untuk Anda bawa pulang sehabis liburan.

8. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk merupakan kuliner khas Desa Sihobuk, Tapanuli Utara. Kombinasi rasa gurih dan manis dari Kacang Sihobuk membuat jajanan ini cukup populer untuk dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh.

Uniknya, proses pemasakan kacang ini adalah dengan menggunakan pasir. Tak heran, rasa kacang ini begitu khas ketika dimakan. Tekstur kacang yang garing dan renyah membuat siapapun ingin nambah lagi dan lagi.

Libur ke Medan? Pesan Tiket Pesawat di Traveloka

Tak sabar membawa pulang oleh-oleh Medan yang tahan lama untuk para kerabat? Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat ke Medan hanya di Traveloka. Selain pemesanan dan reschedule mudah, Traveloka selalu menawarkan promo berupa diskon dan cashback yang menguntungkan. Tunggu apa lagi? Wujudkan impian liburan seru terjangkau ke Medan dan pesan tiket pesawat Traveloka sekarang juga!

(Nurman Abdul Rahman)