Jakarta, Aktual.com – Para ulama telah meneliti pengalaman mereka dalam menemukan Lailatul Qadar, dan di antara ulama yang tegas mengatakan bahwa ada kaidah atau formula untuk mengetahui itu adalah Imam Al-Ghazali rahimahullah (450 H- 505 H) dan Imam Abu Al-Hasan As-Syadzili rahimahullah.

Bahkan dinyatakan dalam sebuah tafsir surat al-Qadr, bahwa Syeikh Abu al-Hasan As-Syadzili rahimahullah semenjak baligh selalu mendapatkan Lailatul Qadar, dan sesuai dengan kaidah ini.

Menurut Imam Al-Ghazali rahimahullah, cara untuk mengetahui Lailatul Qadar bisa dilihat dari permulaan atau malam pertama bulan Ramadhan, yaitu sebagai berikut:

1. Jika malam pertama jatuh pada Ahad atau Rabu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal 29 Ramadhan.

2. Jika malam pertama jatuh pada Senin maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 21 Ramadhan.

3. Jika malam pertama jatuh pada Kamis maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 25 Ramadhan.

4. Jika malam pertama jatuh pada Sabtu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 23 Ramadhan.

5. Jika malam pertama jatuh pada Selasa atau Jumat maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadhan.

Kaidah ini tercantum dalam kitab-kitab para ulama termasuk dalam kitab-kitab fiqh Syafi’iyyah. Rumus ini teruji dari kebiasaan para tokoh ulama’ yang telah menemui Lailatul Qadar.

Formula ini diceritakan Imam Al-Ghazali rahimahullah dalam Kiatab Ihya Ulumuddin; juga terdapat dalam kitab Hasyiah Sulaiman Al-Kurdi juz hal 188; Tafsir Shawi; kitab I’anah at-Thalibin II/257; Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam Kitabnya Hasyiah ‘Ala Ibn Qasim Al Ghazi juz I halaman 304; as Sayyid al Bakri dalam Kitabnya I’anatuth Thalibin Juz II halaman 257-258; juga kitab Mathla`ul Badrain karangan Syekh Muhammad bin Ismail Daud al-Fathoni.

Lalu bagaimana dengan Ramadhan tahun ini. Kita ingat, Ramadhan tahun ini dimulai pada Hari Selasa, 13 April 2021. Berdasarkan hitungan kaidah di atas, maka insyallah Lailatul Qadar akan jatuh di tanggal 27 Ramadhan, yang bertepatan dengan Hari Ahad atau Senin, Tanggal 9 atau 10 Mei 2021.

Itulah jadwal turunnya Lailatul Qadar sesuai dengan hari pertama di Bulan Ramadhan. Tentu saja jadwal tersebut bukanlah jadwal pasti. Bisa saja Lailatul Qadar justru turun di awal Ramadhan dan tanggal-tanggal genap. Hanya Allah SWT yang tahu hal tersebut. Tapi, berbekal pengetahuan tentang rumusan yang telah disusun oleh Imam Al-Ghazali rahimahullah dan Imam Asy-Syadzili rahimahullah yang keduanya merupakan seorang sufi tersebut, minimal kita bisa berjaga-jaga.

Lailatul Qadar tentu tidak bisa diraih hanya dengan duduk berdiam diri. Untuk memperbesar peluang mendapat Lailatul Qadar, Anda harus memperbanyak ibadah, antara lain dengan membaca al-Qur’an, qiyamul lail, berdzikir, dan amalan-amalan lainnya.

WaAllahu ‘A’lam

(As'ad Syamsul Abidin)