Darmin Nasution

Jakarta, Aktual.com – Pemerintah rencananya bakal kembali menerbitkan paket kebijakan ekonomi ke-XVI. Paket ini, disebut pemerintah, bakal berdampak terhadap perizinan dan investasi akan lebih baik.

Klaim pemerintah ini sepertinya tak realistis. Mengingat paket-paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan pemerintah tak terlalu positif mendongkak perekonomian ekonomi nasional. Dunia usaha pun masih mengeluhkan belum adanya perbaikan. Sebetulnya dengan akan diterbitkannya paket ini secara tidak langsung pemerintah mengakui paket-paket sebelumnya tak efektif.

Namun pemerintah, dalam hal ini Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tetap ngotot akan menerbitkan paket kebijakan baru yang ke-XVI.

“Pengurusan izin usaha dan investasi saat ini memang belum maksimal. Meski pengurusan izin di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tergolong cepat, tapi kan tidak menyangkut segala jenis bentuk usaha, makanya kita butuh paket kebijakan ke-XVI ini,” jelas Darmin, di Jakarta, Senin (14/8).

Sementara di sisi lain, kata dia, pengurusan perizinan di daerah tak begitu terkawal, sehingga masih belum secepat di PTSP.

(Andy AbdulHamid)
1
2
3