Jakarta, Aktual.com – Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi mengungakpkan nama asli Jozeph Paul Zhang yang diduga  melakukan penistaan agama dan mengaku sebagai nabi ke-26 melalui akun YouTubenya.

Menurut Slamet, nama Jozeph Paul Zhang adalah nama nama dalam sebuah akun YuoTube saja.

“Paul Zhang itu nama akun Youtube-nya, nama aslinya itu Shindy Paul Soerjomoelyono,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi saat dihubungi, Senin (19/4).

Diketahui, seorang pria bernama Husin Shahab melaporkan Jozeph Paul Zhang ke Bareskrim Polri. Ia melaporkan Jozeph lantaran diduga telah melakukan penistaan agama serta mengaku sebagai nabi dengan nomor laporan teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021.

Sebelumnya, sebuah video viral menunjukkan seorang pemuda bernama Jozeph Paul Zang mengaku sebagai nabi ke-26 dan melecehkan Nabi Muhammad SAW.

Video pelecehan agama ini, terlihat dalam unggahan akun YouTube Jozeph Paul Zang dengan judul ‘Puasa Lalim Islam, yang disiarkan langsung pada Sabtu (17/4).

“Yang bisa ngelaporin gue ke polisi, nih gue nih Nabi ke-26 Jozeph Paul Zang, meluruskan kesesatan ajaran Nabi ke-25,” ujar dia dalam siaran langsung diunggah di akun YouTube miliknya.

Jozeph berjanji memberikan uang Rp1 juta kepada siapa saja yang bisa melaporkannya ke polisi.

Bahkan, Jozeph juga melecehkan Allah SWT dengan menyebut Allah sedang dikunci di Ka’ba hingga menyinggung ibadah puasa.(RRI)

(Warto'i)