Jakarta, Aktual.co — Protes bertubi-tubi masyarakat pesisir Pantai Utara yang terkena dampak reklamasi ditanggapi santai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati menyatakan kebutuhan Jakarta terhadap reklamasi tidak bisa ditunda.
“Konsep reklamasi sendiri dibangun dari sebuah pemikiran rasional bahwa kondisi degradasi lingkungan di pantura Jakarta, baik di landed atau perairannya sudah sangat berat,” kata Tuty kepada wartawan, Rabu (10/6) pagi.
Tuty menjelaskan permasalahan di darat (landed) yang semakin penuh serta menurun. Ada juga pemukiman banyak agak kumuh dan tidak tertata, kemudian laut juga tercemar sehingga biota laut juga sudah ga sehat lagi tinggal di situ. 
“Itu sebabnya kita ingin membuat sebuah perencanaan terpadu yang niatnya ingin membangun sebuah kawasan modern yang dia water front city dengan melibatkan peran swasta untuk kemudian terjadi cross subsidi. Jadi dari pihak swasta ini subsidinya landednya diperbaiki,” ungkap Tuty.

()

(Andy Abdul Hamid)