Jakarta, Aktual.co — Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno mengatakan lebih baik menunggu penjelasan dari pemerintah terkait wacana kenaikan harga BBM bersubsidi, sehingga tidak salah persepsi.
Salah satunya soal pertimbangan pemerintah dalam rangka mengalihkan subsidi ke kegiatan yang lebih produktif.
“Kita harus menunggu penjelasan pemerintah secara lebih lengkap dan jelas, karena ini baru akan. Yang pastinya kita perlu dengar,” kata dia, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/11).
“(Terlebih) pertimbangannya mengalihkan subsidi ke kegiatan yang lebih produktif. Semisal pembangunan infrastruktur, perbaikan fasilitas pendidikan dan kesehatan,” tambah dia.
Meski mendukung wacana kenaikan BBM itu, ia mengatakan jika hal itu harus diikuti tiga prakondisi syarat terhadap kenaikan BBM, yakni Pertama efisiensi produksi dan distribusi BBM dioptimalkan. Dan, kedua, program diversifikasi dan konversi enegeri harus digalakan. Misalnya bio diesel gas dijalankan.
“Ketiga, progam perlindungan sosial daya beli masyarakat sudah disiapkan secara matang. Supaya daya beli masyakat tidak berkurang. Program padat karya irigasi bendungan. Dimuat massif. Sehingga menyerap tenaga kerja,” tandasnya.

(Novrizal Sikumbang)

()