Makassar, Aktual.com – Berhaji merupakan impian seluruh umat Muslim sebagai pelengkap ibadah dari rukun Islam, sehingga berbagai upaya mengumpulkan pundi-pundi rupiah dilakukan dengan tujuan ibadah ke Tanah Suci.

Ini pula yang dilakukan seorang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Desa Majannang Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa, Sama’ bin Japa’ yang rela merantau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Serawak Malaysia demi melaksanakan ibadah haji ke Baitullah.

Sama’ yang ditemui di Asrama Haji Sudiang, Makassar, mengemukakan dirinya rela menjadi tukang batu hingga kuli bangunan demi berhaji dan mengunjungi kabbah di Makkah, Arab Saudi.

“Kalau ada yang tanya saya uang untuk naik haji dari mana, saya jawab ini betul-betul adalah hasil keringat. Karena selama saya kerja di sana, keringat terus menetes,” ceritanya ditulis Rabu (10/7).

Bersama sang istri, Sama’ telah merantau ke Negeri Jiran sejak tahun 2007, lalu dua tahun kemudian tepatnya tahun 2009 kembali mendaftarkan dirinya sebagai calon jamaah haji daftar tunggu Kabupaten Gowa.

Menjadi TKI bersama istrinya yang bernama Misa, Sama’ mengakui membantu keuangan keluarganya. Apalagi sang istri pun juga turut bekerja sebagai petani sawit di Serawak.

(Abdul Hamid)