Jakarta, Aktual.com – IPB University dianggap sebagai perguruan tinggi negeri terkemuka yang turut berkontribusi terhadap penguatan dan pengembangan ekonomi umat Islam.

“Melalui kajian-kajian akademik, penelitian ilmiah, IPB memberikan sumbangan gagasan juga untuk masa depan ekonomi Islam,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo, dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (1/12).

Menurut Bambang, IPB tidak sekadar perguruan tinggi dengan basis keilmuan pertanian. Namun juga mampu mengembangkan ke bidang keilmuan lain, seperti ekonomi.

Dari pengembangan bidang keilmuan lainnya itulah, ucal Bambang, IPB banyak menghasilkan kajian akademik yang bermanfaat untuk bangsa dan umat.

“Kerap juga IPB membahas tentang isu-isu global mengenai keuangan umat Islam, perbankan syariah, bersama Baznas. Itu saya kira positif,” kata Bambang yang juga Menteri Pendidikan Nasional tahun 2004-2009.

Sinergi yang dibangun antara IPB dengan berbagai lembaga ekonomi umat, seperti Baznas, dapat menambah pemahaman baru yang selama ini belum terlaksana atau diketahui.

Bambang berharap, IPB terus melahirkan andil kebaikan untuk ekonomi umat Islam. Sehingga, ungkap Bambang, masa depan umat semakin cerah dan baik di Indonesia.

(Zaenal Arifin)