Jakarta, Aktual.co — Pengamat properti Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dalam membentuk kabinet Pemerintahan yang baru tidak salah dalam memilih sosok Menteri Perumahan Rakyat.

“Hendaknya pemerintahan yang baru tidak lagi salah pilih sosok Menteri Perumahan Rakyat yang saat ini membuat iklim penyediaan rumah rakyat tidak berjalan dengan baik,” kata di Jakarta, Jumat (24/10).

Menurutnya nama-nama calon yang masuk dalam bursa calon menteri di kabinet pimpinan Jokowi harus yang benar-benar mengerti seluk beluk masalah perumahan rakyat di Indonesia. Selain itu, dikhawatirkan pula isu nama-nama calon menteri yang beredar tidak mempunyai latar belakang yang cukup untuk dapat menggerakan roda perumahan rakyat.

“Seharusnya, Jokowi dapat memilih menteri tidak hanya semata-mata dilihat dari kacamata profesional. Karena intinya bukanlah hanya profesional, namun lebih dari itu yang harus telah terbukti track recordnya untuk perkembangan perumahan rakyat,” tuturnya.

Selain itu, dia juga menyarankan agar pemerintahan yang baru ini lebih berfokus mengurus public housing ketimbang mengurus perumahan umum komersial.

()

(Eka)