Jakarta, Aktual.co — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan bertanya kepada otoritas keuangan Jepang untuk mengumpulkan informasi dan melengkapi data terkait J Trust Co, Ltd selaku pemenang tender pembelian saham Bank Mutiara.

“Kami sedang mencari data selengkapnya dan kami sedang menunggu data dari otoritas keuangan Jepang,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Kamis (23/10).

Muliaman menuturkan pelengkapan data itu diperlukan sebagai bahan untuk menguji kelayakan perusahaan asal jepang tersebut sehingga OJK memiliki banyak pertimbangan.

“Ini dilakukan untuk mendapatkan data tambahan sebelum melakukan fit and proper test terhadap pembeli Bank Mutiara,” ujar Muliaman.

Muliaman menambahkan, uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan OJK terhadap J Trust Co sendiri nantinya tidak akan berbeda dengan standar pengujian yang berlaku saat ini.

“Itu seperti melihat kesiapannya, komitmennya dan langkah langkah pengembangan Bank Mutiara kedepan mau diapakan, serta bagaiaman upaya menjaga kualitas NPL (kredit bermasalah),” ucap Muliaman.

Setelah pihak J Trust Co melalui uji kelayakan, OJK akan memutuskan apakah J Trust Co layak atau tidak menjadi menjadi pembeli Bank Mutiara pada November mendatang.

LPS sendiri memang mengharapkan keputusan tersebut dapat diumumkan sebelum tanggal 21 November 2014 saat penandatangangan pembelian Bank Mutiara.

“Kami akan panggil J Trust setelah data-datanya lengkap. Mereka harus signing terakhir 21 November kan? Sebelum itu kami panggil,” kata Muliaman.

()

(Eka)