Bandung, Aktual.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara didaulat jadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat.

Terpilih sebagai ketua, Rudi mengaku ingin mengarahkan Unpad lebih menjadi korporasi. Dengan fokus utama memperlancar proses alih aset yang tadinya milik pemerintah menjadi milik Unpad.

“Selama ini kan Unpad bagian dari Dikti (Direktorat Perguruan Tinggi) dalam hal bagaimana menjalankan pemerintahan di Unpad,” ujar dia, di Bandung, Selasa (2/2).

Berubahnya arah Unpad menjadi lebih ke korporasi, dipastikannya tidak akan merubah khitoh sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Sebab di samping langkah korporasi, Unpad akan coba mengimbangi dengan program lain. Seperti gratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru program studi Sarjana Pendididkan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis tahun ini.

Rudi juga bertekad mereposisi Unpad di luar dunia pendidikan, termasuk reposisi ke masyarakat langsung. Keinginan itu akan coba dikomunikasikan pihaknya dengan rektor dan senat universitas.

Agar Unpad ke depan tidak hanya jadi pencetak lulusan mahasiswa berkualitas. Tapi juga menyiapkan agar lulusan Unpad bisa berbuat sesuatu untuk orang lain dengan melakukan langkah nyata di masyarakat.

“Jadi tujuan Unpad tidak hanya menghasilkan pembelajaran, tapi bagaimana interaksi setelah lulus,” ucap dia.

Diketahui, MWA dibentuk akhir 2015. Terdiri dari 17 orang dari berbagai unsur. Mulai pemerintah, akademisi, mahasiswa hingga masyarakat. Rudi mengibaratkan keberadaan MWA seperti DPR. Yang tugasnya mengawasi dan memberi masukan tentang kebijakan dan pengendalian.

()

()